Meiriza, Mica Siar (2019) Pengembangan perkuliahan makroekonomi bermuatan ekonomi heterodoks / Mica Siar Meiriza. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mica Siar Meiriza. 2019. Pengembangan Model Perkuliahan Makroekonomi Bermuatan Ekonomi Heterodoks. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E. (III) Dr. Hari Wahyono M. Pd. Kata Kunci Pengembangan Perkuliahan Makroekonomi Ekonomi Heterodoks Pluralisme Studi ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Makroekonomi yang selama ini diajarkan diperguruan tinggi bersifat monis yaitu mengajarkan satu perspektif teoritis yang sangat kontradiktif ketika diuji dengan bukti empiris. Sementara itu ada begitu banyak perspektif ekonomi yang dapat digunakan sebagai alterantif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan ekonomi yang ada. Pembelajaran ekonomi juga hanya menyentuh pengenalan aspek pengetahuan nilai dan teori-teori ortodoksi ekonomi saja yang jauh dari ekonomi dunia nyata. Sehingga proses pembelajaran dengan metode seperti ini belum mampu meningkatkan keterlibatan aktif dan sikap kritis mahasiswa. Tentu saja hal ini berdampak pada capaian yang dihasilkan yaitu munculnya permasalahan sosial dengan sempitnya sudut pandang analisis karena perguruan tinggi belum mampu meningkatkan mutu dan relevansinya khususnya melalui mata kuliah Makroekonomi padahal potensi keanekragaman perspektif ekonomi sudah sangat luas untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan pluralisme ekonomi. Oleh sebeb itu perlu dilakukan inovasi dan rekonstruksi sosial makroekonomi bermuatan ekonomi heterodoks dengan memanfaatkan keanekaragaman perspektif ekonomi sebagai instrumen pembentukan pluralisme ekonomi mahasiswa dalam mengatasi persoalan-persoalan sosial yang timbul. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan potret permasalahan dan kebutuhan perkuliahan Makroekonomi bermuatan Ekonomi Heterodoks (2) pengembangan produk awal terdiri dari penyusunan prototipe produk perkuliahan. Produk awal sudah melewati uji validasi ahli dan uji terbatas (3) uji produk akhir/uji lapangan melalui pre eksperimen. Data yang digunakan pada tahap uji coba memanfaatkan kuesioner penilaian produk dan penilaian penyajian lisan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan persentase sederhana dan kuantitatif berupa independent t-test dengan menggunakan software SPSS for windows. Hasil penelitian memperlihatkan temuan-temuan sebagai berikut (1) Pelaksanaan Makroekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan belumlah maksimal malah cendrung bersifat konvensional. Hal ini dapat dilihat dari materi dan pelaksanaan perkuliahan yang kurang memperhatikan kebutuhan mahasiswa. Hasil analisis kebutuhan memperlihatkan bahwa keanekaragaman perspektif ekonomi menjadi substansi penting dalam makroekonomi dengan memanfaatkan pembelajaran konstruktivisme sosial (2) desain perkuliahan yang dikembangkan terbagi atas 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran prosedur pembelajaran serta penilaian. Dari rancangan perkuliahan dihasilkan produk yang terdiri dari silabus RPS buku ajar buku panduan pembelajaran media serta perangkat penilaian (3) hasil uji produk awal memperlihatkan bahwa secara keseluruhan hasil rancangan perkuliahan dan produk perkuliahan berada pada kategori yang sangat baik. Sementara untuk hasil uji lapangan dengan menggunakan static group comparison memperlihatkan perbedaan yang signifikan pluralisme ekonomi antara kelas eksperimen dengan kelas statis. Hasil penelitian pengembangan memperlihatkan bahwa makroekonomi bermuatan ekonomi heterodoks efektif dalam meningkatkan kemampuan pluralisme ekonomi mahasiswa. Disamping itu dosen dan mahasiswa juga memberikan respon yang positif dan sangat baik terhadap model yang dihasilkan. Hal ini diperlihatkan pada aspek relevance reflection interaction tutor support peer support dan interpretation. Merujuk pada kesimpulan (1) Saran pemanfaatan yaitu bagi Fakultas Ekonomi yang mengajarkan mata kuliah Makroekonomi untuk mengadopsi produk ini. Selain itu pengambil kebijakan hendaknya mengembangkan peningkatan relevansi pendidikan dan menjadikan mahasiswa sebagai sumber belajar utama (2) saran desiminasi ditujukan pada perguruan tinggi lewat sosialisasi penggandaan workshop dan implementasi melalui lesson studi. Sementara untuk pengambil kebijakan bisa melakukan penyebarluasan model lewat penggandaan memfasilitasi perguruan tinggi untuk membuat program workshop ataupun menerapkannya lewat lesson study dan terakhir pengemasan secara digital dan (3) saran pengembangan produk lanjutan bagi peneliti adalah perluasan substansi produk memperluas subjek memperluas komponen produk pengemasan dalam bentuk digital dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/115881 |
Actions (login required)
View Item |