Analisis perilaku pembelian impulsif pengguna kartu kredit di Modern Ritel Surabaya / Finisica Dwijayati Patrikha

Patrikha, Finisica Dwijayati (2019) Analisis perilaku pembelian impulsif pengguna kartu kredit di Modern Ritel Surabaya / Finisica Dwijayati Patrikha. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Patrikha, Finisica Dwijayati. 2018. Analisis Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna Kartu Kredit di Modern Ritel Surabaya. Disertasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W, M.A, M.Si., (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed, M.Si., (III) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Keadaan Emosi, Perilaku Pembelian Impulsif, Penggunaan Kartu Kredit Fenomena yang mendasari penelitian ini adalah semakin meningkatnya penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran pada ritel modern serta bergesernya kegiatan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menjadi kegiatan leisure. Peritel yang menyadari hal ini berusaha menerapkan strategi promosi yang menyebabkan konsumen semakin lama berada di dalam tempat perbelanjaan, dengan tujuan semakin lama seseorang di dalam toko maka semakin tertarik untuk melakukan pembelian. Berdasarkan fenomena yang terjadi tersebut maka dilakukan penelitian tentang perilaku konsumen khususnya tentang perilaku pembelian secara impulsif yang dilakukan secara sadar oleh konsumen serta mengaitkannya dengan atribut toko dan literasi ekonomi khususnya tentang pengguna kartu kredit didalam melakukan transaksi di peritel dengan skala hipermaket yaitu Hypermart di Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini yaitu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan perilaku konsumen khususnya tentang perilaku pembelian konsumen yang dilakukan secara impulsif bagi pengguna kartu kredit yang dikaitkan dengan atribut toko, keadaan emosi, dan literasi ekonomi. Pendekatan kuantitatif dengan survey korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik kartu kredit yang melakukan transaksi di Hypermart Surabaya, sampel penelitian berjumlah 180 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis regresi berhirarki digunakan dalam penelitian dengan bantuan program komputer SPSS 17.00. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu kredit berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen dengan koefisien sebesar 0,106. Sedangkan atribut toko berpengaruh secara positif terhadap perilaku pembelian impulsif dengan koefisien sebesar 0,659. Keadaan emosi memiliki pengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif dengan koefisien sebesar 0,125. Literasi ekonomi memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku pembelian impulsif dengan koefisien sebesar -0,138. Variabel penggunaan kartu kredit dan emosi tidak terbukti sebagai variabel moderator dalam pengaruh perilaku pembelian impulsif. Penulis

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115879

Actions (login required)

View Item View Item