Pengembangan pembelajaran ekonomi berdasar pasal 33 UUD 1945 di sekolah dasar / Eunike Rose Mita Lukiani

Lukiani, Eunike Rose Mita (2019) Pengembangan pembelajaran ekonomi berdasar pasal 33 UUD 1945 di sekolah dasar / Eunike Rose Mita Lukiani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Eunike Rose Mita Lukiani, 2019: Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Berdasar Pasal 33 UUD 1945 di Jenjang Sekolah Dasar.Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pempimbing (1) Prof Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., MA.,M.Si., (II) Prof. Dr. Agus Suman, S.E., DEA; (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran Ekonomi, Pasal 33 UUD 1945, Sekolah Dasar, Internalisasi, Dotrinasi, Kemelekwacanaan Ekonomi Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memakai pendekatan Design Based Research (DBR). Sasaran pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar, Tujuan penelitian ini yaitu untuk menanamkan kemelekwacanaan / kemahrwacanaan ekonomi Indonesia (literacy ekonomi Indonesia) atau dapat juga dikatakan sebagai sarana internalisasi dan doktrinasi ideologi ekonomi Indonesia pada siswa jenjang sekolah Dasar. Melalui pengajaran ideologi ekonomi Indonesia sejak dini diharapkan siswa sebagai bagian dari masyarakat Indonesia memiliki sikap dan perilaku ekonomi yang benar serta berkarakter nilai-nilai ekonomi Indonesia disepanjang hidupnya. Penelitian pengembangan ini melalui empat tahap. Dimulai dari: (1)survei awal kurikulum pendidikan ekonomi di Sekolah Dasar (yang masih terintegrasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial / IPS), survei metode pembelajaran pendidikan ekonomi di Sekolah Dasar, survei karakteristik dan permasalahan siswa sekolah Dasar saat ini. Tujuan survei awal ini untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran ekonomi berdasar pasal 33 UUD 1945 dan kesesuaiannya dengan keadaan siswa saat ini. (2)Tahap pengembangan desain dan prototipe pembelajaran ekonomi berdasarkan pasal 33 Undang – Undang Dasar 1945 di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang melibatkan guru SD sebagai praktisi, pakar pendidikan ekonomi dan pakar kurikulum. (3)Tahap pengujian dan penyempurnaan prototipe pembelajaran ekonomi berdasarkan pasal 33 Undang – Undang Dasar 1945 melalui uji coba kelompok kecil dan Uji coba lapangan. (4)Refleksi produk pembelajaran ekonomi berdasarkan pasal 33 Undang – Undang Dasar 1945 di jenjang Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil refleksi diketahui bahwa produk pengembangan pembelajaran ekonomi berdasarkan pasal 33 UUD 1945 ini dapat secara efektif mendoktrinasi dan menginternalisasi siswa jenjang sekolah dasar tentang ideologi ekonomi Indonesia

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115878

Actions (login required)

View Item View Item