Dinamika tindakan ekonomi kolektif perempuan perajin anyaman bambu Desa Kayubihi Kabupaten Bangli Provinsi Bali / Luh Indrayani

Indrayani, Luh (2019) Dinamika tindakan ekonomi kolektif perempuan perajin anyaman bambu Desa Kayubihi Kabupaten Bangli Provinsi Bali / Luh Indrayani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrayani, Luh, (2018) Dinamika Tindakan Ekonomi Kolektif Perempuan Perajin Anyaman Bambu Desa Kayubihi Kabupaten Bangli Provinsi Bali, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., MA., M.Si. (2) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E. (3) Dr. Mit Witjaksono, Dip. Tert., MS., ED. Kata Kunci: Dinamika, Tindakan Ekonomi Kolektif, Perajin. Aktivitas masyarakat Desa Kayubihi Kabupaten Bangli, Propinsi Bali, Indonesia, khususnya ibu rumah tangga secara turun-temurun melestarikan budaya nenek moyang membuat anyaman bambu. Anyaman bambu yang diproduksi dilakukan sendiri maupun berkelompok. Bambu yang digunakan untuk membuat anyaman diperoleh dari kebun perajin sendiri dan juga membeli dari desa tetangga. Jenis anyaman bambu yang diproduksi lebih banyak untuk prasarana upacara Agama Hindu seperti sokasi, wakul dan lumpian sebagai tempat banten/sesajen saat upacara. Motif yang mendasari masing-masing individu untuk bekerjasama satu sama lain adalah untuk mencapai tujuan ekonomi yang sama yang pada akhirnya secara langsung memajukan keikutsertaan dalam tindakan kolektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem pengelolaan sumber daya bersama, (2) aktivitas produksi, (3) kesepakatan bagi hasil, (4) sistem kendali perilaku, (5) perubahan-perubahan sosial yang terjadi pada perempuan perajin anyaman bambu di Desa Kayubihi Kabupaten Bangli Propinsi Bali. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded research, dengan analisis secara bertahap dengan pendekatan secara sistematis dari Strauss and Corbin. Subyek penelitian adalah perempuan perajin anyaman bambu, prosedur pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dari analisis data diketahui bahwa sistem mengelola sumber daya bersama berdasarkan pertimbangan dalam ketersediaan bahan baku, hubungan antara koordinator dengan perajin serta kepercayaan dan solidaritas. Aktivitas produksi yang ada pada saat membuat anyaman bambu oleh perajin dilihat dari produktivitas dan kreativitas. Kesepakatan bagi hasil yang diperoleh perajin berdasarkan kejujuran dan keyakinan. Sistem kendali perilaku berdasarkan pada norma dan sikap dalam menyelesaikan masalah apabila terjadi kesalahan dalam membuat anyaman yang tidak sesuai pesanan. Perubahan-perubahan sosial yang terjadi selama mengeluti profesi sebagai pembuat anyaman bambu adalah pentingnya transfer keterampilan, transfer nilai berupa petuah-petuah hidup bermasyarakat dan terutama pendidikan ekonomi dalam mengelola keuangan keluarga dan ekspektasi perajin agar produk yang dihasilkan tetap diminati oleh konsumen, dengan tujuan keberlanjutan usaha tetap berjalan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115874

Actions (login required)

View Item View Item