Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti

Nofianti, Dhian (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model STAD motivasi Permasalahan yang ada di kelas VIII MTs Negeri Batu khususnya di kelas VIII A adalah rendahnya motivasi belajar bahasa Arab. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan pembelajaran kooperatif model STAD. Dalam pembelajaran kooperatif model STAD ada 5 (lima) tahap yaitu (1) penyajian kelas (2) belajar kelompok (3) tes atau kuis (4) poin peningkatan individual dan (5) penghargaan kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pelajaran bahasa Arab dan peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan pencatatan lapangan. Sedangkan instrument pengumpulan data adalah lembar observasi yang digunakan untuk aktivitas guru siswa dan motivasi lembar catatan lapangan kisi-kisi wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus siklus I dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2010 siklus II pada tanggal 11 Mei 2010 dan siklus III pada tanggal 12 Mei 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru (peneliti) telah melaksanakan semua prosedur yang harus dilaksanakan pada pembelajaran kooperatif model STAD sedangkan keaktifan siswa pada siklus I sampai siklus III meningkat motivasi belajar bahasa Arab siswa yang meliputi sub variabel pendorong penggerak rasa ingin tahu semangat keinginan dan rangsangan juga terus mengalami peningkatan di setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu sehingga pembelajaran kooperatif model ini dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran kooperatif model STAD disarankan adanya pengaturan waktu yang baik dalam setiap tahapan pembelajaran dan kreatifitas guru dalam pemberian penghargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item