Pendidikan konservasi lingkungan hidup dengan implementasi nilai-nilai Islam di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat / M. Harja Efendi

Efendi, M. Harja (2019) Pendidikan konservasi lingkungan hidup dengan implementasi nilai-nilai Islam di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat / M. Harja Efendi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Efendi, M. Harja. 2019. Pendidikan Konservasi Lingkungan Hidup Dengan Implementasi Nilai-Nilai Islam Di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat. Disertasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malan. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawatie, M.Si., (II) Dr. H. Fatchur Rohman, M.Si., (III) Dr. H. Abdul Gofur, M.Si. Kata Kunci: pendidikan konservasi, implementasi nilai-nilai islam, Penelitian ini bertujuan mengungkapkan model pendidikan konservasi lingkungan hidup dilihat dari aspek nilai-nilai islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan fenomenologi existing models. Lokasi penelitain di pondok pesantren Nurul Haramain Nahdhatul Wathan (PPNH NW). Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (deep interview), studi dokumen, dan pengamatan partisipatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan konservasi lingkungan hidup di Pesantren Nurul Haramain dilaksanakan diatas dasar nilai-nilai islam yang memandang manusia sebagai khalifah dalam pemeliharaan bumi. Nilai dasar ajaran agama islam merupakan input kegiatan. Strategi pendidikan konservasi dilakukan dengan membangun kesadaran dan kebersamaan di masyarakat pondok, metode pembelajaran dilakukan dengan 1) Mengajarkan (ceramah), 2) keteladanan, 3) Musyawarah dan 4) Pembiasaan Luaran (output) pembelajaran berupa pengetahuan tentang konservasi lingkungan, nilai-nilai islam tentang konservasi lingkungan dan perilaku konservasi. Nilai-nilai konservasi yang terbangun bersifat individual maupun sosial. Sedangkan perilaku konservasi menghasilkan luaran lanjutan (outcome) berupa nilai-nilai akhir pendidikan konservasi lingkungan hidup. Nilai-nilai akhir yang dicapai merupakan target yang dituju oleh nilai-nilai dasar ajaran islam yaitu menciptakan dan memelihara keseimbangan dan keharmonisan alam. Nilai-nilai akhir tersebut berupa keyakinan akan memperoleh pahala yang berkelanjutan (amal jariyah), ketenangan akan beribadah, dan keyakinan akan kebermaknaan hidup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S3 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115752

Actions (login required)

View Item View Item