Penerapan teori pengolah informasi untuk meningkatkan penguasaaan kosakata Bahasa Arab di MTs. KH. Hasyim Asy'ari Pakisaji Malang / Faidatul Chozinia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teori pengolah informasi untuk meningkatkan penguasaaan kosakata Bahasa Arab di MTs. KH. Hasyim Asy'ari Pakisaji Malang / Faidatul Chozinia

Chozinia, Faidatul (2010) Penerapan teori pengolah informasi untuk meningkatkan penguasaaan kosakata Bahasa Arab di MTs. KH. Hasyim Asy'ari Pakisaji Malang / Faidatul Chozinia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chozinia Faidatul. 2010. Penerapan Teori Pengolah Informasi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs KH Hasyim Asy ari Sutojayan Pakisaji. Skripsi Jurusan Sastra Arab FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. H Muhaiban. Kata Kunci mufrodat kata kunci pengulangan. Dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa SMP atau MTs terdapat berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan berbagai ketrampilan siswa . Akan tetapi masih sangat sedikit strategi pembelajaran yang diketahui secara spesifik dapat meningkatkan penguasaan kosakata (mufrodat) siswa baik dalam hal menghafal memahami ataupun pengaplikasian dalam kalimat. Teori pengolah informasi merupakan teori yang menganggap bahwa otak manusia seperti komputer yang sangat canggih yang dapat menyimpan setiap informasi yang masuk. Dalam teori pengolah informasi dijelaskan bahwa pada otak manusia terdapat tiga macam memori yaitu memori sensoris yang hanya dapat menyimpan informasi selama tak lebih dari lima menit memori jangka pendek yang yang dapat menyimpan informasi selama sekitar 30 menit dan memori jangka panjang yang memiliki kisaran waktu simpan tak terbatas. Setiap informasi berpotensi menjadi memori jangka panjang tetapi memerlukan beberapa cara yaitu (1) atensi (2) pengulangan (rehearsal) (3) pemrosesan mendalam (4) pengkodean (elaborasi) (5) pengkonstruksi citra dan (6) penataan. Penelitian ini dilakukan di MTs KH Hasyim Asyari Sutojayan Pakisaji Kabupaten Malang tanggal 26 Oktober sampai 14 Desember 2009. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan dengan peneliti sebagai pengajar. Analisis data menggunakan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) menarik kesimpulan. Sedangkan validasi data menggunakan trianguasi dan member cek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori pengolah informasi berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa yang ditandai dengan meningkatnya rata-rata nilai tes tulis siswa. Pada pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 44 10 dan pada postes pada siklus 1 rata-rata siswa adalah 82 95. pada postes siklus 2 nilai rata-rata siswa adalah 87 6 dan pada postes siklus ketiga nilai rata-rata siswa adalah 90 86. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teori pengolah informasi telah berhasil meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Selain itu merujuk pada penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lanjutan sehingga efektifitas teori pengolah informasi dapat lebih terlihat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item