Pengguna lagu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa arab siswa kelas V SDI Surya Buaya Malang / Fulan Dwi Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengguna lagu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa arab siswa kelas V SDI Surya Buaya Malang / Fulan Dwi Kurnia

Kurnia, Fulan Dwi (2010) Pengguna lagu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa arab siswa kelas V SDI Surya Buaya Malang / Fulan Dwi Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Fulan Dwi. 2010. Penggunaan Lagu Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V SDI Surya Buana Malang. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd. Kata Kunci lagu motivasi hasil belajar pembelajaran bahasa Arab SDI. Mengadakan variasi merupakan keterampilan yang harus dikuasai guru dalam pembelajaran untuk mengatasi kebosanan peserta didik agar selalu antusias tekun dan penuh partisipasi. Variasi dalam pembelajaran adalah perubahan dalam proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan. Variasi dalam penggunaan media dan sumber belajar salah satunya adalah dengan menggunakan lagu karena dunia anak-anak identik dengan nyanyian sebagai wahana ekspresi diri. Oleh karena itu penggunaannya sebagai media sangat dianjurkan. Selama ini guru yang mengajar mata pelajaran BA kelas V belum pernah menggunakan media lagu dalam mengajar BA. Permasalahan yang dihadapi oleh guru adalah motivasi dan hasil belajar BA siswa yang kurang memuaskan dan masih di bawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan lagu dalam PBA untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar BA Siswa Kelas V SDI Surya Buana Malang (2) peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas V SDI Surya Buana Malang melalui penggunaan lagu di SDI Surya Buana Malang dan (3) peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas V melalui penggunaan lagu di SDI Surya Buana Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Nopember 2009-15 Desember 2009. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui tiga siklus dan terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Sebelum proses tindakan dilakukan kajian awal terlebih dulu. Penelitian ini dilakukan di SDI Surya Buana yang terletak di Jl. Simpang Gajayana Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDI Surya Buana yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini berupa penggunaan lagu dalam PBA di kelas V motivasi dan hasil belajar BA siswa kelas V SDI Surya Buana Malang dengan menggunakan lagu. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen penunjangnya berupa lembar observasi pembelajaran dengan menggunakan lagu lembar observasi motivasi belajar siswa catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan lagu merupakan usaha untuk mengadakan perbaikan terhadap masalah yang dihadapi guru yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar BA siswa kelas V. Dalam penelitian ini lagu digunakan sebagai variasi dan juga materi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar BA siswa kelas V SDI Surya Buana (2) penggunaan lagu dalam PBA ii dapat meningkatkan motivasi belajar BA siswa kelas V SDI Surya Buana. Tingkat motivasi belajar BA siswa mengalami peningkatan dengan adanya lagu yaitu dengan taraf keberhasilan sebesar 77% dan termasuk dalam kategori baik (3) lagu dalam pembelajaran BA juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Surya Buana dalam mata pelajaran BA. Dengan adanya lagu nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa kelas V sebesar 75 dan berada di atas rata-rata kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada kepala sekolah SDI Surya Buana untuk mengembangkan media lagu sebagai media dalam pembelajaran BA dan juga menambah media pembelajaran sebagai fasilitas penunjang belajar siswa dalam PBA. Kepada guru disarankan untuk mengembangkan media lagu dan metode dengan lebih bervariatif dalam PBA agar siswa tidak mudah bosan dan jenuh dengan pelajaran BA. Kepada Prodi Pendidikan Bahasa Asing diharapkan dapat mengembangkan lagu sebagai bahan atau materi dalam perkuliahan untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item