Pengembangan model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry padamata kuliah kimia organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan praktis mahasiswa calon guru / Mitarlis

Mitarlis (2020) Pengembangan model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry padamata kuliah kimia organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan praktis mahasiswa calon guru / Mitarlis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mitarlis, 2019. Pengembangan Model Pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) Bernuansa Green Chemistry pada Mata Kuliah Kimia Organik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Analitis, Kreatif, dan Praktis Mahasiswa Calon Guru. Disertasi. Program Studi S3 Pendidikan Kimia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., (II) Prof. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D., (III) Dr. Sutrisno, M.Si. Kata kunci: Model NIBL, keterampilan berpikir KAKP, green chemistry, mahasiswa calon guru. Kehidupan Abad 21 yang semakin kompleks menuntut masyarakat untuk memiliki pola pikir tingkat tinggi seperti kritis, analitis, kreatif dan bentuk-bentuk berpikir tingkat tinggi yang lain. Hal ini mendorong para pendidik untuk memberikan bekal bagi pebelajar untuk menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi tersebut. Oleh karena itu sudah seharusnya jika paradigma pendidikan masa depan menekankan pembekalan pebelajar dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Framework capaian pembelajaran Abad 21 melibatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kemampuan kolaboratif, dan komunikatif. Guru masa depan dituntut untuk dapat menyelenggaran pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa mencapai tuntutan pembelajaran Abad 21 yang melibatkan berpikir kritis, kreatif, analitis dan praktis serta melibatkan literasi lingkungan sebagai subyek inti dalam pembelajaran. Hal ini dapat dikaitkan dengan green chemistry sebagai nuansa dalam pembelajaran yang dikembangkan sebagai kontribusi dalam mengatasi masalah global yang sedang aktual yaitu masalah lingkungan. Untuk itu perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan beberapa keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis, analitis, kreatif dan praktis (KAKP) khususnya untuk mahasiswa calon guru secara terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi yang didukung data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan melalui metode kualitatif dilakukan pada tahap pendahuluan dan tahap pengembangan dilanjutkan dengan metode kuantitatif pada tahap evaluasi saat uji coba luas hasil pengembangan dengan rancangan eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah mahasiswa calon guru program studi pendidikan kimia yang sedang memprogram mata kuliah kimia organik yang terdiri dari dua kelas. Kelas Pendidikan Kimia A (PKA) sebagai kelas eksperimen dan kelas Pendidikan Kimia B (PKB) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakukan dengan model NIBL bernuansa green chemistry hasil pengembangan sedangkan kelompok kontrol diajarkan secara konvesional pada perkuliahan kimia organik. Metode pengumpulan data dengan pengamatan, angket, dan tes. Metode angket berupa angket respon untuk validator dan untuk mahasiswa tentang model pembelajaran NIBL bernuansa green chemistry. Evaluasi hasil pengembangan berdasarkan kriteria kelayakan terdiri dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan model diukur dengan melakukan validasi isi dan konstruk. Kepraktisan model diukur dengan observasi keterlaksanaan sintkas pembelajaran pada uji coba dan respon mahasiswa. Keefektifan dilihat dari nilai tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk data pengamatan dan data validasi yang diperkuat dengan perhitungan derajat kesepakatan percentage of agreement (PA) untuk kesepakatan validator dan pengamat. Kesepakatan penilaian butir soal menggunakan Koefisien Cohen’s Kappa. Data uji coba dengan rancangan eksperimen dilakukan analisis kuantitatif dengan uji statistik, uji t, ANACOVA untuk melihat capaian pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji koefisien eta square untuk melihat kontribusi model NIBL bernuansa green chemistry terhadap capaian pembelajaran penguasaan konsep, keterampilan berpikir KAKP, dan pemahaman green chemistry kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry pada perkuliahan kimia organik dapat meningkatkan keterampilan berpikir KAKP mahasiswa calon guru memiliki sintaks yang terdiri dari lima fase yaitu 1) orientasi, 2) konseptualisasi, 3) investigasi, 4) simpulan, dan 5) unjuk kerja/performance. Model NIBL bernuansa green chemistry memiliki karakteristik yaitu: (1) berpusat pada pebelajar (student centered), (2) berorientasi pada pengembangan berpikir kritis, analitis, kreatif dan praktis (KAKP), (3) memunculkan interaksi pada proses pembelajaran (4) adanya unjuk kerja atau performance, dan (5) adanya nuansa green chemistry secara terintegrasi sebagai upaya untuk pelestarian lingkungan melalui pembelajaran. Validitas model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry beserta perangkat pendukungnya pada perkuliahan kimia organik untuk meningkatkan keterampilan berpikir KAKP mahasiswa calon guru dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Kepraktisan model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) pada perkuliahan Kimia Organik bernuansa green chemistry untuk meningkatkan keterampilan berpikir KAKP mahasiswa calon guru dapat diterapkan dengan penilaian keterlaksanaan dalam kategori baik dan sangat baik sehingga praktis dan layak digunakan. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model NIBL bernuansa green chemistry pada perkuliahan kimia organik, sehingga model NIBL bernuansa green chemistry beserta perangkatnya praktis dan layak untuk diterapkan. Keefektifan model pembelajaran New Inquiry Based Learning (NIBL) bernuansa green chemistry pada perkuliahan kimia organik yang telah tervalidasi dapat untuk meningkatkan keterampilan berpikir KAKP mahasiswa calon guru pada nilai pre test dan post test kelas eksperimen. Keefektifan pembelajaran NIBL bernuansa green chemistry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif dan praktis (KAKP) mahasiwa calon guru dilihat dari nilai N-Gain dengan kontribusi sedang dan tinggi pada aspek penguasaan konsep kimia organik materi karbohidrat, protein, lemak, dan bahan alam, serta pemahaman green chemistry mahasiwa calon guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S3 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115629

Actions (login required)

View Item View Item