Dampak implementasi assessment of, for and as learning berbantuan guiding book terhadap persepsi tentang asesmen, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa jurusan kimia / Muchlis

Muchlis (2020) Dampak implementasi assessment of, for and as learning berbantuan guiding book terhadap persepsi tentang asesmen, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa jurusan kimia / Muchlis. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muchlis. 2019. Dampak Implementasi Assessment of, for dan as Learning Berbantuan Guiding Book terhadap Persepsi tentang Asesmen, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia. Disertasi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D., (II) Prof. Dr. Subandi, M.Si., (III) Dr. Siti Marfu’ah, M.S. Kata Kunci: Assessment of, for dan as Learning, Guiding Book, Persepsi tentang Asesmen, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar. Masih banyak mahasiswa yang mempersepsi asesmen sebagai assessment of learning. Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukkan masih banyak mahasiswa yang keterampilan metakognitifnya kurang baik, dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Kimia Anorganik III masih rendah. Hasil pengkajian jurnal-jurnal penelitian juga menunjukkan belum ada penelitian tentang hubungan antara persepsi mahasiswa tentang asesmen dan hasil belajar mahasiswa. Persepsi mahasiswa tentang asesmen adalah persepsi mahasiswa tentang asesmen sebagai assessment of learning, assessment for learning atau assessment as learning. Hasil penelitian OECD (2005), Stiggins & Chappuis (2006), Glasson (2008), Hill (2008), Mehmood, dkk., (2012) dan Wiliam (2013) menunjukkan keunggulan implementasi assessment for learning atas assessment of learning. Demikian pula hasil penelitian Lee & Mak (2009); Davies, dkk., (2011), Wong (2014) dan Lam (2015) menunjukkan keunggulan implementasi assessment as learning atas assessment of learning. Sementara kajian teoritis oleh Earl (2003) dan Rowe (2012) menunjukkan keunggulan assessment as learning atas assessment for learning. Oleh karena itu, dalam pembelajaran diharapkan banyak mahasiswa yang mempersepsi asesmen sebagai assessment as learning atau setidaknya assessment for learning. Pentingnya peranan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran telah diungkapkan oleh Flavell (1979) dan Bransford (2000) sehingga diharapkan banyak mahasiswa yang memiliki keterampilan metakognitif dalam kategori baik. Kurikulum Jurusan Kimia juga menghendaki hasil belajar tinggi dalam setiap matakuliah termasuk Matakuliah Kimia Anorganik III. Hasil kajian teoritis tentang asesmen (Black & Wiliam, 1998), assessment of learning, assessment for learning, assessment as learning (Earl, 2003; Ministry of Education, 2010; Rowe, 2012), Teori Vygotsky (Slavin, 2009) dan Zone of Curiosity (Day, 1982), maupun kajian-kajian empiris hasil penelitian tentang implementasi assessment for learning (Stiggins & Chappuis, 2006; OECD, 2005), implementasi assessment as learning (Davies, dkk., 2011; Wong, 2014), dan persepsi tentang asesmen (Watering, dkk., 2008; Alkharusi, 2013; Cheng, dkk., 2015) mengarahkan pada solusi terhadap permasalahan ini yaitu implementasi assessment of learning, assessment for learning dan assessment as learning terhadap persepsi mahasiswa tentang asesmen, keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Kimia. Berdasarkan analisis fakta, harapan serta kajian teoritis dan empiris di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) persepsi tentang asesmen, 2) keterampilan metakognitif, 3) hasil belajar mahasiswa setelah diimplementasikan assessment of, for dan as learning, dan 4) hubungan antara persepsi tentang asesmen dan hasil belajar mahasiswa. Desain penelitian repeated one short case study dipilih dalam penelitian ini karena tiga macam perlakuan yaitu implementasi assessment of learning, assessment for learning dan assessment as learning dikenakan pada satu kelas yang sama tanpa kelas kontrol. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia kelas A angkatan 2015 (PKA 2015) Jurusan Kimia FMIPA Unesa. Penelitian dilaksanakan pada semester Genap tahun akademik 2017-2018. Instrumen penelitian berupa: a) Kuesioner persepsi tentang asesmen, b1) kuesioner keterampilan metakognitif, b2) lembar wawancara terkait keterampilan metakognitif, b3) lembar pengamatan catatan terkait keterampilan metakognitif, dan c) Tes Hasil Belajar (THB). Data perbedaan hasil implementasi assessment of learning, assessment for learning dan assessment as learning terkait persepsi tentang asesmen, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar mahasiswa dianalisis dengan anava jenis repeated measures jika data berdistribusi normal, atau uji Friedman jika data tidak berdistribusi normal. Uji Chi Square digunakan untuk menguji hubungan persepsi tentang asesmen dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persepsi tentang asesmen, 2) keterampilan metakognitif, dan 3) hasil belajar mahasiswa semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jenis pendekatan asesmen yang diimplementasikan yaitu mulai dari assessment of learning, assessment for learning, hingga assessment as learning, serta 4) hubungan yang terdapat antara persepsi mahasiswa tentang asesmen dan hasil belajarnya adalah bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa tentang asesmen maka hasil belajarnya cenderung semakin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka direncanakan (1) mendorong terwujudnya pembelajaran yang mengimplementasikan assessment as learning atau setidaknya assessment for learning, dengan memanfaatkan Guiding Book, mengadaptasi LKM maupun prinsip-prinsip implementasi assessment as learning ataupun assessment for learning pada mata kuliah yang lain, (2) mempublikasikan dalam seminar nasional ataupun internasional dan jurnal nasional ataupun internasional sebagai sumbangan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan contoh riil implementasi assessment of, for dan as learning. Bagian dari penelitian ini telah diterbitkan dalam prosiding International Conference on Science and Technology (ICST 2018) yang diterbitkan oleh Atlantis Highlights in Engineering (AHE), volume 1. Bagian dari penelitian ini juga telah diterima untuk diterbitkan pada tahun 2020 dalam International Journal Of Instruction (terindeks Scopus, Q3) dengan judul Students’ Result of Learning at Chemistry Department through Assessment of, for, and as Learning Implementation.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S3 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115628

Actions (login required)

View Item View Item