Karakterisasi translasi representasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kovariasional / Sandie

Sandie (2020) Karakterisasi translasi representasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kovariasional / Sandie. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sandie, 2019. Karakterisasi Translasi Representasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Kovariasional. Disertasi, Prodi S3 Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph. D., (II) Dr. Subanji, M.Si., (III) Dr. Erry Hidayanto, M.Si. Kata Kunci: translasi representasi, penalaran kovariasional, Translasi antar representasi matematis berkaitan erat dengan kemampuan matematis. Kemampuan mahasiswa dalam merepresentasikan konsep/ide matematis dari satu bentuk ke berbagai bentuk lainnya menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman matematis yang mendalam dalam memecahkan masalah. Salah satu masalah yang dapat mengukur kemampuan matematis adalah masalah kovariasional. Untuk mendukung translasi representasi matematis pada masalah kovariasional tentunya diperlukan penalaran kovariasional yang baik. Oleh karena itu, kemampuan translasi representasi dan penalaran kovariasional perlu dimiliki oleh mahasiswa khususnya calon guru. Kenyataannya, mahasiswa, calon guru, maupun guru masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan keterampilan translasi representasi dan penalaran kovariasional . Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan mengingat kajian penelitian ini mengkaji tentang proses berpikir translasi representasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kovariasional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik proses berpikir mahasiswa dalam melakukan translasi representasi masalah kovariasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah kalkulus. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti, dan instrumen pendukung adalah tugas translasi representasi matematis dan pedoman wawancara. Jenis data yang dianalisis yaitu hasil think aloud, hasil kerja tertulis, dan hasil wawancara yang diperoleh ketika mahasiswa menyelesaikan tugas translasi representasi antara representasi matematis. Semua data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Translasi representasi yang dilakukan oleh mahasiswa melalui 4 tahap yaitu tahap membongkar sumber, tahap koordinasi awal, tahap membangun target, dan tahap menentukan kesetaraan. Berdasarkan tahapan translasi representasi, penelitian ini menemukan tiga karakteristik translasi representasi yaitu translasi konstan, translasi mengembang, dan translasi memampat/kompresi. Karakteristik masing-masing jenis translasi representasi yang diperoleh melalui tahapan translasi representasi khususnya pada tahap koordinasi awal, dan membangun target. Translasi konstan merupakan translasi yang terjadi apabila subjek memberikan alasan yang komponennya sama dengan informasi yang diberikan. Pada translasi konstan, mahasiswa mengonstruksi representasi target dengan menggunakan konsep satu kejadian pada representasi sumber untuk mengonstruksi satu kejadian pula pada representasi target. Translasi mengembang merupakan translasi yang terjadi apabila subjek memberikan alasan yang lebih kompleks dari komponen informasi yang diberikan. Pada translasi mengembang, mahasiswa memberikan informasi tambahan pada representasi target dengan tujuan untuk lebih memperjelas kejadian pada representasi target. Translasi memampat/kompresi merupakan adalah translasi yang terjadi apabila mahasiswa memberikan alasan dengan meringkas komponen yang serupa sehingga cukup dengan menyebutkan sebuah komponen atau alasan yang mewakili. Pada translasi memampat/kompresi, mahasiswa memberikan informasi yang secara ringkas namun, informasi tersebut menggambarkan kejadian yang kompleks.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115624

Actions (login required)

View Item View Item