Imansyah, Hadid Afiat (2010) Penggunaan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang / Hadid Afiat Imansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Imansyah Hadid Afiat. 2009. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Muhaiban. Keyword Penggunaan Media Gambar Berseri Madrasah Ibtidaiyah . Pada dasarnya penggunaan media pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan dan melancarkan tercapainya hasil belajar siswa. Demikian juga penggunaan media-media gambar berseri dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan/penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran BA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang (2) Mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang dengan menggunakan media gambar berseri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Perencanaan pembelajaran pada siklus ke-1 ke-2 dan ke-3 disusun berdasarkan masalah-masalah yang ditemukan di lapangan. Perencanaan tersebut berupa pemilihan materi atau fokus pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil observasi awal. Dalam penelitian ini digunakan instrumen sebagai berikut (1) Lembar Format Observasi (2) Pedoman Interview (3) Form Pencatat Dokumen. Di samping itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode (A) Observasi (B) Wawancara (C) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat dikatakan telah tercapai. Hasil observasi siklus I siklus II dan siklus III menunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan motivasi per siklus. Ini dibuktikan melalui indikator motivasi belajar yaitu a) konsentrasi belajar sangat tinggi (b) bergairah membaca teks percakapan (c) Tidak suka membuang waktu (d) aktif bertanya (e) aktif menjawab pertanyaan yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III . Hasil observasi antara motivasi belajar siklus I dan siklus II terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar sebesar 3 3 % . Dan hasil observasi antara motivasi belajar siklus II dan siklus III terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar sebesar 5 6 %..
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/11562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |