Proses berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri / Haerul Syam - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri / Haerul Syam

Syam, Haerul (2019) Proses berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah geometri / Haerul Syam. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syam Haerul. 2019. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Gometri. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Prof. Dr.Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (III) Dr. Abadyo M.Si. Kata Kunci berpikir kritis memecahkan masalah geometri proses Penelitian ini mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri melalui lima tahap yaitu Identifying Visualyzing Analyzing Applying dan Evaluating. Penelitian kualitatif ini dilakukan pada siswa SMP Negeri I Pangkajene dengan teknik pengumpulan data menggunakan tugas/tes berisi masalah geometri pada siswa. Untuk memperoleh informasi mengenai proses berpikir kritis siswa diberikan tugas masalah geometri merekam semua gerak dan ungkapan verbal dari siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan serta melakukan wawancara. Berdasarkan deskripsi proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah geometri diperoleh temuan secara umum semua subjek telah melakukan tahap Identifying yaitu menguraikan informasi mengaitkan permasalahan dengan pengetahuan sebelumnya dan menyatakan inti permasalahan. Kemudian tahap Visualyzing yaitu merepresentasikan permasalahan dengan menggunakan gambar atau sketsa. Kemudian tahap Analyzing yaitu menyederhanakan situasi masalah dan membuat dugaan awal atau konjektur. Kemudian tahap Applying adalah menetapkan langkah penyelesaian dan menemukan solusi dan tahap Evaluating adalah mengklarifikasi istilah-istilah yang digunakan serta mengecek kembali penyelesaian hasil penyelesaian masalah. Temuan secara khusus adalah temuan yang tampak pada subjek tertentu yaitu tahap Visualyzing dan tahap Applying. Pada tahap Visualyzing Subjek menggunakan representasi masalah dalam bentuk gambar atau sketsa taman dan dalam bentuk membayangkan permasalahan. Visualyzing muncul dari ransangan siswa untuk memahami masalah lebih dalam setelah memperoleh informasi dari soal. Subjek membuat sketsa taman berbentuk segitiga siku-siku yang didalamnya terdapat bangun persegi. Berdasarkan sketsa ini kemudian subjek dapat memahami inti permasalahan. Subjek membayangkan segitiga siku-siku yang didalamnya ada persegi diatas persegi ada segitiga kecil. Berdasarkan bayangan ini kemudian subjek dapat memahami inti permasalahan. Pada tahap Applying Subjek menggunakan strategi penyelesaian masalah yang berbeda dalam memecahkan masalah geometri. Perbedaan cara penyelesaian muncul berdasarkan perhatian dan sketsa taman masing-masing subjek. S1 menyelesaikan masalah dengan pendekatan segitiga ABC. Straregi penyelesaian ini muncul berdasarkan perhatian pada luas segitiga siku-siku ABC dan bangun yang ada didalamnya. S2 dan S3 menyelesaikan masalah dengan kesebangunan. Strategi penyelesaian ini muncul berdasarkan perhatian pada dua segitiga yang sebangun yaitu membandingkan sisi-sisi yang bersesuaian dan strategi penyelesaian S4 menyelesaikan masalah dengan tiga kasus perbandingan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115618

Actions (login required)

View Item View Item