Karakteristik pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam struktur pertukaran percakapan pembelajaran matematika / Mustafa A.H. Ruhama - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam struktur pertukaran percakapan pembelajaran matematika / Mustafa A.H. Ruhama

Ruhama, Mustafa A.H. (2019) Karakteristik pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam struktur pertukaran percakapan pembelajaran matematika / Mustafa A.H. Ruhama. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruhama Mustafa A.H. 2019. Karakteristik Pointing dan Writing Gesture Disertai Tuturan Guru Dalam Struktur Pertukaran Percakapan Pembelajaran Matematika. Disertasi Program Studi S3 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. MA. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. MA. (III) Dr. Sisworo M.Si Kata Kunci Karakteristik Pointing dan Writing Gesture Tuturan Guru Struktur Pertukaran Percakapan Pembelajaran Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam struktur pertukaran percakapan pembelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri 2 SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 7 Kota Ternate yang berkualifikasi S1 Pendidikan Matematika. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada pertimbangan guru yang banyak memunculkan pointing dan writing gesture disertai tuturan dalam struktur pertukaran pembelajaran matematika. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara merekam pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam pembelajaran matematika menggunakan handycam dan handphone android lembar observasi dan wawancara. Wawancara kepada guru atau siswa berbasis rekaman video dan lembar observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat tiga karakteristik pointing dan writing gesture disertai tuturan guru dalam struktur pertukaran percakapan pembelajaran matematika yaitu (1) informative gesture (2) interrogative gesture dan (3) reponsive gesture. Informative gesture dapat dideskripsikan sebagai berikut (a) pola struktur pertukaran percakapan yang terjadi dalam informative gesture adalah informasi-inisiasi-respon-feedback dan (b) pada tahap informasi guru menggunakan pointing gesture dilanjutkan writing gesture atau sebaliknya writing gesture dilanjutkan pointing gesture yang dinamakan combination gesture. Combination gesture disertai penjelasan guru untuk memfokuskan perhatian siswa sehingga memudahkan atau membantu siswa memahami materi matematika. Pada tahap inisiasi guru mengajukan pertanyaan untuk memperoleh respon siswa. Pada tahap respon siswa merespon secara verbal pertanyaan guru. Respon verbal ini terjadi karena siswa langsung merespon secara cepat pertanyaan guru dan siswa sudah memahami materi yang ditanyakan guru. Pada tahap feedback guru membenarkan atau menegaskan jawaban atau respon verbal siswa dengan menuliskan jawaban atau respon verbal di papan tulis. Interrogative gesture dapat dideskripsikan sebagai berikut (a) pola struktur pertukaran percakapan yang terjadi dalam interrogative gesture adalah inisiasi-respon-feedback dan (b) pada tahap inisiasi guru menggunakan pointing gesture dengan jari tangan disertai mengajukan pertanyaan dinamakan dependent gesture. Dependent gesture guru untuk memperoleh respon siswa dan memfokuskan perhatian siswa. Pada tahap respon siswa merespon secara verbal pertanyaan guru. Respon verbal ini terjadi karena siswa langsung merespon secara cepat pertanyaan guru dan siswa sudah memahami materi yang ditanyakan guru. Pada tahap feedback guru membenarkan atau menegaskan jawaban atau respon verbal siswa dengan menuliskan jawaban atau respon verbal di papan tulis. Kesamaan informative dan responsive gesture adalah guru menggunakan combination gesture yaitu pointing gesture dilanjutkan writing gesture atau sebaliknya writing gesture dilanjutkan pointing gesture. Perbedaan informative dan responsive gesture adalah pada informative gesture guru menggunakan combination gesture disertai penjelasan untuk memfokuskan perhatian siswa dan memudahkan atau membantu siswa memahami materi matematika dalam tahap informasi pada pola Informasi-Inisiasi-Respon-Feedback sedangkan responsive gesture guru menggunakan combination gesture disertai membenarkan atau menegaskan serta menjabarkan materi untuk memfokuskan perhatian siswa dan memudahkan atau membantu siswa memahami materi matematika dalam tahap feedback pada pola Inisiasi-Respon-Feedback. Reponsive gesture dapat dideskripsikan sebagai berikut (a) pola struktur pertukaran percakapan yang terjadi dalam reponsive gesture adalah inisiasi-respon-feedback dan (b) pada tahap inisiasi guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk memperoleh respon siswa. Pada tahap respon siswa merespon secara verbal pertanyaan guru. Respon verbal ini terjadi karena siswa langsung merespon secara cepat pertanyaan guru dan siswa sudah memahami materi yang ditanyakan guru. Pada tahap feedback guru menggunakan pointing gesture dilanjutkan writing gesture atau sebaliknya writing gesture dilanjutkan pointing gesture yang dinamakan combination gesture. Combination gesture disertai guru membenarkan/menegaskan dan menjabarkan jawaban atau respon verbal siswa di papan tulis dan memfokuskan perhatian siswa sehingga memudahkan atau membantu siswa memahami materi matematika.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115609

Actions (login required)

View Item View Item