Etnomatematika masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat / Haryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Etnomatematika masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat / Haryanto

Haryanto (2019) Etnomatematika masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat / Haryanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Haryanto 2018. Etnomatematika Masyarakat Arfak di Kabupaten pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Subanji M.Si. (III) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci etnomatematika budaya masyarakat Arfak matematika sekolah etnografi Budaya masyarakat Arfak di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat merupakan salah satu dari sekian banyak budaya di Indonesia. Budaya masyarakat Arfak tersebut cukup unik dibandingkan dengan budaya masyarakat Indonesia pada umumnya. Keunikan tersebut berakibat pada keunikan matematika yang berkembang pada budaya tersebut. Oleh karena itu tujuan disertasi ini adalah mengeksplorasi mengidentifikasi dan mendeskripsikan pengetahuan matematika yang berkembang di daerah tersebut. Hasil dari tujuan tersebut selanjutnya dikaitkan dengan matematika sekolah. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Objek penelitiannya adalah budaya dan hasil budaya masyarakat Arfak. Subjek penelitiannya adalah masyarakat pegunungan Arfak. Masyarakat yang dijadikan subjek adalah masyarakat yang mendiami daerah tertinggi di kabupaten tersebut yaitu Distrik Hingk. Hasil penelitian ini adalah ditemukan etnomatematika Arfak yaitu cara masyarakat membilang menghitung mengukur dan membentuk bangun geometri. Masyarakat Arfak dalam membilang menggunakan dua jenis bilangan yaitu bilangan tunggal (basis yang digunakan adalah basis 5) dan bilangan basis ganda (basis yang digunakan adalah basis 10 sub basis 5). Dari kedua jenis bilangan tersebut masyarakat Arfak melakukan metamorfosa bilangan. Masyarakat Arfak dalam mengitung dapat dilihat pada saat masyarakat melakukan perniagaan dan dalam membangun rumah kaki seribu. Kedua kegiatan tersebut diperoleh beberapa metode operasi bilangan. selain itu dengan mengaitkan sifat sifat tentang bilangan dengan metode operasi bilangan tersebut diperoleh metode operasi bilangan baru. Cara masyarakat dalam mengukur jarak suatu titik diperoleh hasil bahwa masyarakat Arfak menggunakan tiga satuan jarak yaitu kaki lengan tinggi tubuh. Praktik praktik geometri masyarakat Arfak dalam membangun rumah (Rumah Kaki Seribu) menggunakan bentuk bentuk geometri v vi seperti garis bidang bidang horizontal bidang vertikal dan beberapa bentuk bangun datar. Hasil dari pengaitan antara etnomatematika Arfak dan matematika sekolah diperoleh beberapa temuan. Temuan tersebut terkait dengan pengetahuan siswa dan matematika sekolah itu sendiri. Terkait dengan pengetahuan siswa diperoleh dua temuan yaitu etnomatematika adalah merupakan doing matematik dan kedua adalah siswa lebih senang suka bangga dengan pemanfaatan etnomatematika mereka digunakan untuk menyelesaikan matematika sekolah. Terkait dengan matematika sekolah etnomatematika Arfak dapat digunakan dalam matematika sekolah. Penggunaan ini disesuaikan dengan kesamaan sifat sifat yang ada antara keduanya. Etnomatematika Arfak dalam disertasi ini diperoleh dari hasil eksplorasi identifikasi dan deskripsi yang dianalisis dengan cara pemodelan matematika. Oleh karena itu jika dikaitkan dengan matematika sekolah belum dapat dilihat tentang keektifannya terhadap pendidikan siswa di daerah tersebut. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan keefektifan etnomatematika tersebut di dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115607

Actions (login required)

View Item View Item