Peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab melalui gambar berseri di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Irwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab melalui gambar berseri di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Irwan

Irwan (2009) Peningkatan kemahiran berbicara bahasa Arab melalui gambar berseri di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Irwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu dari empat kemahiran berbahasa Arab adalah kemahiran berbicara menggunakan bahasa Arab. Pembelajaran berbicara bahasa Arab sering kali kurang menarik kurang merangsang partisipasi siswa dan bersuasana kaku sehingga kegiatan berbicara kadang-kadang menjadi macet. Untuk itu guru dituntut lebih kreatif dalam penyampaian materi baik dari metode pembelajaran model-model pembelajaran maupun media pembelajaran. Salah satu media yang fungsional untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa adalah gambar berseri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana dengan menggunakan gambar berseri (2) proses peningkatan kemahiran berbicara dengan menggunakan gambar berseri pada siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana serta (3) hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana setelah dilaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan gambar berseri. Penelitian ini dilakukan di MTs Surya Buana pada bulan Maret sampai April tahun pelajaran 2008/2009 pada saat pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Tahap tahap penelitian meliputi perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) tes (2) wawancara dan (3)observasi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument utama.Peneliti secara langsung terlibat dalam kegiatan pengumpulan penyelesaian serta penganalisisan data penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan dimulai sejak pengumpulan data sampai penyusunan laporan. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa melalui trianggulasi yaitu membandingkan antara hasil tes wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran berbicara bahasa Arab berdasarkan KTSP. (2) proses peningkatan pada siklus 1 ditemukan beberapa masalah yaitu Bilangan yang ada pada gambar berseri kurang besar sehingga siswa yang berada pada deretan bangku belakang tidak bisa melihat dengan jelas sebagian siswa masih malu dan takut untuk bercerita di depan kelas dan Sebagian siswa tidak memperhatikan ketika kelompok lain bercerita di depan kelas. Namun sebagian besar mereka sudah mampu berbicara dengan lancar dan benar. Pada siklus 2 siswa sudah dapat mengembangkan cerita yang terdapat dalam gambar berseri dan lebih santai dalam menerima pelajaran bahasa Arab selain itu perhatian siswa sudah terpusat pada materi yang disampaikan sudah jarang ditemukan siswa yang melakukan hal lain diluar pelajaran. (3) kemampuan berbicara bahasa Arab sebelum menggunakan gambar berseri awalnya siswa masih kaku untuk berbicara menggunakan bahasa Arab. Kemampuan berbicara bahasa Arab setelah menggunakan gambar berseri siswa sudah bisa berbicara dengan lancar dan benar serta lebih antusias belajar bahasa Arab. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah tindakan nilai rata-rata pra tindakan 62 siklus I 80 siklus II 88. Ini membuktikan bahwa penggunaan gambar berseri dalam pengajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemahiran berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menambah fasilitas pembelajaran berupa media-media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam KBM seperti kartu kata dan gambar berseri. Kepada guru bahasa Arab MTs hendaknya meningkatkan profesionalisme dan kualitas PBA dengan menciptakan inovasi metode maupun media PBA yang variatif. Sementara peneliti yang mengadakan penelitian sejenis diharapkan agar lebih memperluas cakupannya dengan mengembangkan gambar berseri dan dengan waktu yang lebih lama sehingga hasil penelitian jauh lebih sempurna yang nantinya bisa dijadikan masukan bagi guru-guru bahasa Arab untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item