Stages factors of adoption: narrating teacher educators' experiences in adopting Mobile-Assisted Language Learning (MALL) / A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika

Mahardika, A.A. Ngurah Yudha Martin (2020) Stages factors of adoption: narrating teacher educators' experiences in adopting Mobile-Assisted Language Learning (MALL) / A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahardika, A.A.N.Y.M. 2019. Stages and Factors of Adoption: Narrating Teacher Educators’ Experiences in Adopting Mobile-Assisted Language Learning (MALL). Disertasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Promotor: (1) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, M.A., (2) Prof. Dr. Ali Saukah, M.A., (3) Dr. Sri Rachmajanti, Dipl. TESL, M.Pd. Kata-kata Kunci: Narrative, Adoption, Mobile-Assisted Language Learning, Teacher Educators Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan faktor pemanfaatan gawai seluler dalam pembelajaran bahasa (MALL), berdasar cerita pengalaman para dosen. Penelitian ini dilandasi atas pemahaman akan potensi gawai seluler dalam pembelajaran bahasa, meningkatnya minat dalam meneliti keefektifitasan gawai seluler dalam konteks pendidikan, isu tentang rendahnya tingkat adopsi di perguruan tinggi, peran dosen dalam proses adopsi, keengganan dosen dalam memanfaatkan gawai seluler, serta celah-celah lain dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini bersifat eksploratif, menggunakan rancangan kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian, alasan pelaksanaan, serta masalah dinarasikan dan dijabarkan dengan rinci. Kategori partisipan penelitian adalah dosen yang kaya pengalaman dan diakui khalayak dalam hal penggunaan MALL. Iwan, Duwa, dan Fitri (nama samaran) dianggap memenuhi kategori tersebut. Dalam pengumpulan data, Narrative Inquiry (NI) dipergunakan. Data yang diperoleh berbentuk tertulis dan lisan. Data tertulis diperoleh dari Narrative Frame (NF) and Empty Box (EB), sedangkan data lisan diperoleh dari hasil interview. Tujuan menggunakan ketiga instrument tersebut adalah untuk mendapatkan narasi yang kaya tentang pengalaman dosen dalam mengadopsi MALL, untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian. Tidak seperti NF dan EB, panduan interview tidak divalidasi dan diujicobakan. Setelah melalui proses evaluasi dan konfirmasi ulang oleh para partisipan, keseluruhan narasi diceritakan ulang (restory). Data analisisnya berbentuk tematik, dimana narasi-narasi tersebut diekstrak dan dikategorikan berdasarkan masalah penelitian. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa proses pengadopsian MALL bersifat kompleks (multi-tahap simultan, bolak-balik, dan berkembang), dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang saling bertautan, yang secara unik terikat dengan karakteristik konteks, teknologi, dan individu. Tahapan-tahapan pengadopsian adalah keberterimaan (intensi dan review), penggunaan (penggunaan dan ekplorasi), serta konfirmasi (evaluasi ulang). Tidak terdapat pembagian yang jelas dari masing-masing tahapan dikarenakan tahapan-tahapan tersebut terjadi secara bersamaan (simultan) dan iteratif. Proses adopsi bersifat berkelanjutan, mengikuti tahapan penggunaan, adaptasi, penyesuaian, dan penciptaan/inovasi. Penelitian ini mengajukan tahapan evaluasi sebagai tambahan dari intensi dan penggunaan. Evaluasi dianggap penting dalam memutuskan penggunaan atau penolakan, serta melanjutkan atau menghentikan pemanfaatan MALL. Penelitian ini juga mengkonfirmasi adanya ‘circular caution’ antar factor pengadopsian. Factor-faktor tersebut secara simultan saling mempengaruhi satu sama lain. Sifat circular caution inilah yang dianggap mempengaruhi hasil penelitian sebelumnya yang kontradiktif. Factor-faktor yang mempengarhui juga bersifat unik, yang terikat dengan karakteristik konteks, teknologi, dan individu. Kombinasinya terpilin secara unik, baik antar individu, antar tehnologi, maupun antar institusi. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan individu dalam hal proses, kecepatan, dan perkembangan pengadopsian. Dari simpulan dan keterbatasan peneltian, direkomendasikan untuk mengeksplorasi lebih lanjut perbedaan berbagai jenis teknologi dan tipe pengguna, baik dalam adopsi individu maupun adopsi mandatory, untuk menggali kompleksitas proses dan keunikan faktor, serta isu-isu dalam pengadopsian secara lebih spesifik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115536

Actions (login required)

View Item View Item