Rahayu, Nanik Sri (2020) Peer feedback mediated by Google Docs in EFL writing instructions: a case study in UIN Maliki Malang / Nanik Sri Rahayu. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rahayu Nanik Sri. 2019. Peer Feedback Mediated by Google Docs in EFL Writing Instruction A Case Study in UIN Maliki Malang. Studi Kasus di UIN Maliki Malang. Disertasi. Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Adnan Latief M.A. Ph.D (2) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (3) Dr. Enny Irawati M.Pd. Keywords Masukan Sejawat dengan Google Docs Pembelajaran Menulis Dalam Konteks Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Di zaman modern ini teknologi berbasis internet telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai kepentingan termasuk dalam dunia pendidikan. Bagi guru menulis teknologi ini dapat membantu proses belajar dan pembelajaran. Google docs sebagai salah satu teknologi berbasis internet yang telah digunakan dalam dunia pendidikan dapat membantu praktek masukan sejawat dalam menunjang kualitas tulisan pembelajar terutama selama proses kolaborasi. Namun penelitian-peneliatian yang selama ini dilakukan banyak mengungakap pengaruh google docs bagi pembelajar dalam pembelajaran menulis misalnya pengaruh google docs terhadap kemapuan menulis pembelajar mootivasi pembelajar persepsi atau perilaku pembelajar. Masih sedikit penelitian yang menyajikan informasi secara kualitatif tentang bagaimana guru mengaplikasikannya di kelas terutama di konteks Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana guru melaksanakan masukan sejawat yang dimediasi dengan google docs ini mampu memfasilitasi pembelajar dalam menulis dengan sukses. Rumusan masalah dalam penelitian ini hanya adalah Bagaimana guru mengaplikasikan masukan sejawat yang dimediasi dengan google docs dapat memfasilitasi menulis pembelajar dengan sukses . Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview mendalam observasi dan analisa dokumen. Instrument-instrument ini telah divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan dalam mengambil data. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan satu kelas yang di ajar oleh dosen yang dipilih berdasarkan autoritativeness yang menggunakan masukan sejawat yang dimediasi oleh google docs. Berdasarkan hasil analisa data penelitian ini mengungkap bahwa dosen yang menggunakan peer feedback dengan media google docs ini melakukan tiga tahap dalam melaksakan masukan sejawat dengan google docs yaitu tahap pendahuluan tahap inti dan tahap penutup. Dalam tahap pendahuluan dosen memberikan pelatihan kepada pembelajar tentang bagaimana menggunakan google docs bagaimana membuat komentar dan apa yang harus dikomentari terhadap pekerjaan temannya. Dalam tahap ini peran dosen adalah sebagai trainer. Sementara pada tahap inti dosen meminta siswa untuk melakukan masukan sejawat dengan google docs. Peran dosen pada tahap ini adalah sebagai fasilitator yang juga memonitor pelaksanaan masukan sejawat. Sementara pada tahap penutup guru meminta pembelajar untuk merevisi draft mereka berdasarkan komentar-komentar yang diberikan oleh teman-temannya. Setelah pembelajar terbiasa dengan kegiatan masukan sejawat dengan google docs ini dosen dapat melewatkan sesi pelatihan pada tahap pendahuluan and langsung pada tahap inti dan penutup. Selain itu langkah-langkah yang dilakukan dosen ini ternyata mampu memfasilitasi proses menulis pembelajar. Tulisan pembelajar mengalami peningkatan di aspek bahasa seperti tata bahasa kosakata mekanik dan isi. Sementara itu peningkatan juga terjadi di aspek non kebahasaan seperti isi tulisan dan pengorganisasian ide dalam tulisan meskipun jumlahnya tidak sebanyak di aspek bahasa. Hal ini terjadi karena komentar-komentar yang dibuat pembelajar cenderung pada aspek bahasa. Komentar-komentar ini yang nantinya akan dijadikan dasar bagi pembelajar dalam merevisi draftnya. Implikasi pedagogis yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa dosen dapat menggunakan masukan sejawat dengan google docs ini sebagai alternatif pembelajaran dalam kelas menulis karena aplikasi ini memberikan manfaat yang besar baik bagi dosen maupun pembelajar. Dengan menggunakan aplikasi ini dosen dapat menghemat waktu dalam memberikan masukan bagi pembelajar dan dosen dapat memonitor setiap kegiatan pembelajar dalam melaksanakan masukan sejawat. Bagi pembelajar media google docs ini dapat memberikan warna baru dalam pelaksanaan masukan sejawat. Pembelajar terlibat lebih aktif dalam berkolaborasi yang ditandai dengan banyaknya jumlah komentar yang dibuat oleh pembelajar selama pelaksanaan masukan sejawat dengan google docs ini. Penggunaan teknologi berbasis internet seperti google docs ini tidak lepas dari kelemahan-kelemahan. Kreativitas dosen masih tetap diperlukan karena masih ada kelemahan-kelemahan dibalik penggunaan teknologi canggih dalam praktek pembelajaran. Dosen seyogyanya berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini sehingga dampak negatifnya dapat diminimalisir. Dosen dapat mengantisipasi dampak-dampak negatif ini dengan membuat kesepakatan dengan pembelajar. Selain itu kesiapan dosen terutama kecakapan dalam menggunakan komputer/teknologi canggih masih menjadi tantangan yang harus disiapkan. Karena penelitian ini hanya melibatkan satu partisipan peneliti mendatang diharapkan mampu memperluas cakupan penelitian selanjutnya misalnya dengan menambah jumlah partisipan yang dilibatkan dan dengan menggunakan design yang berbeda karena penelitian ini hanya dapat diaplikasikan pada lingkup yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/115534 |
Actions (login required)
View Item |