Exemplary junior high school teachers' beliefs and practices in EFL writing instruction / Uzlifatul Masruroh Isnawati

Isnawati, Uzlifatul Masruroh (2020) Exemplary junior high school teachers' beliefs and practices in EFL writing instruction / Uzlifatul Masruroh Isnawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Isnawati, Uzlifatul Masruroh, 2019. Persepsi dan Praktik Guru Bahasa Inggris Teladan pada Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Menulis . Disertasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono, M.Pd., M.A., Ph.D, (II) Prof. Effendi Kadarisman,M.A., (III) Dr. Enny Irawati, M.Pd. Kata kunci: Guru Teladan, Persepsi, Praktik, Pembelajaran Menulis Penelitian tentang persepsi guru dalam pembelajaran menulis Bahasa Inggris mengurai bagian -bagian maupun proses pemahaman akan bagaimana konsep guru dalam mengajar. Untuk memahami hal tersebut, maka perlu untuk memahami persepsi guru dan bagaimana implementasi tersebut dalam pembelajaran menulis di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan praktik guru teladan dalam pembelajaran menulis Penelitian ini diawali dengan survei yang melibatkan 70 guru Bahasa Inggris dari 16 sekolah menengah pertama negeri (SMP) di kabupaten Lamongan. Setelah mempelajari hasil survei dan dokumen terkait dengan data guru, peneliti memilih 2 orang guru teladan berdasarkan kualifikasi kompetensi pedagogis, professional, dan kriteria seleksi sebagi finalis guru teladan diantara guru-guru Bahasa Inggris yang ada. Untuk mendapatkan data dan informasi yang berkaitan dengan persepsi dan praktik guru dalam pembelajaran menulis, peneliti menggunakan observasi kelas yang dilengkapi dengan rekaman audio visual. Dalam menganalisis data, rekaman-rekaman tersebut dirubah menjadi transkrip yang kemudian diidentifikasi dan diklasifikasikan, dan catatan dokumen digunakan untuk memperkaya pembahasan temuan penelitian. Hasil analisis data tentang persepsi dan praktik guru teladan dalam pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan bahwa mereka mempraktekkan beberapa pendekatan yang (berorientasi pada proses dan produk, pembelajaran menulis berbasis genre dan juga menerapkan pendekatan menulis sebagai identitas ) yang terimplementasi dalam praktik pembelajaran menulis. Terkait dengan penggunaan media pembelajaran, kedua guru teladan menggunakan media konvensional (realia, gambar, kartu) dan media yang berbasis ICT (aplikasi mentimeter.com, quipper, zenius,surat elektronik). Selain itu, berdasarkan informasi dari dokumen fisik dan dokumen daring diketahui bahwa kedua guru teladan tersebut aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan literasi, yakni sebagai blogger, penulis, dan pegiat komunitas menulis di luar tugas mengajar. Berdasar pada temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru teladan terhadap pembelajaran menulis sesuai dan konsisten dengan praktik yang dilakukan di kelas menulis, yakni dalam hal pendekatan pembelajaran menulis (pendekatan menulis yang berorientasi pada proses dan produk, pembelajaran berbasis genre dan pendekatan menulis berbasis identitas). Terkait dengan penggunaan media pembelajaran, kedua guru teladan tersebut menggunakan media pembelajaran berbasis konvensional (realia, kartu, gambar) dan juga memanfaatkan media yang berbasis ICT. Selain itu, kedua guru teladan tersebut juga menggunakan beberapa aplikasi (mentimeter.com, quipper, zenius, e-mail, ppt dan youtube). Di luar pembelajaran di kelas, kedua guru teladan tersebut juga berprofesi sebagai penulis aktif, blogger, dan mempunyai ketertarikan yang tinggi dalam dunia menulis (L1). Beberapa rekomendasi diberikan kepada para peneliti yang hendak mengkaji tentang persepsi guru dan praktiknya dalam pembelajaran menulis pada level dan kelas yang berbeda. Para peneliti dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran menulis dengan aspek yang lebih luas, seprti pada aspek penilaian, dan pengelolaan kelas. Pembahasan tentang persepsi dan praktik guru-guru teladan dan kiprah mereka di luar kelas juga perlu dikaji lebih mendalam. Kajian- kajian tentang kiprah guru-guru teladan dan praktik-praktik pembelajaran mereka akan sangat menarik untuk diteliti lebih jauh. teladan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115533

Actions (login required)

View Item View Item