Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Jombang / Zainal Abidin

Abidin, Zainal (2009) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Jombang / Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abidin, Zainal. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Jombang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd. Kata kunci: kurikulum, KTSP, pembelajaran bahasa Arab. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Jombang. Penelitian dilakukan berdasarkan kenyaataan bahwa KTSP telah diberlakukan di MAN Jombang mulai tahun ajaran 2007/2008. Perbedaan esensial antara KBK dan KTSP tampak pada teknis pelaksanaannya. Jika KBK disusun oleh pemerintah pusat yaitu Depag, sedangkan KTSP disusun oleh tingkat satuan pendidikan masing-masing, dalam hal ini adalah sekolah yang bersangkutan. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab (PBA) di MAN Jombang. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, dan (3) faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi KTSP dalam pembelajaan bahasa Arab. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa program bahasa kelas XI MAN Jombang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, dan instrumen penunjang berupa pedoman observasi, pedoman analisis dokumen, pedoman wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya perencanaan pembelajaran yang meliputi: (a) pemetaan alokasi waktu yang digunakan oleh guru bahasa Arab sudah sesuai dengan format alokasi waktu berdasarkan KTSP, alokasi waktu yang tersedia adalah 42 JP (21 jam x 2 jam), (b) prota yang dibuat oleh guru belum memenuhi komponen-komponen prota pada umumnya, karena dalam pembuatan prota guru tidak mencatumkan SK, dan KD yang ingin dicapai, (c) promes yang dibuat oleh guru belum memenuhi komponen-komponen promes pada umumnya, karena promes yang dibuat oleh guru tidak mencatumkan alokasi waktu dan KD pada setiap pokok bahasan, (d) silabus dan RPP disusun sesuai dengan model dari Depag. Komponen-komponen perangkat pembelajaran tersebut meliputi: identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, dan alokasi waktu. Sedangkan pelaksanaan KTSP dalam PBA meliputi: (a) bahan ajar/buku teks yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ketrampilan berbahasa Arab adalah buku Madrasah Development Centre Jawa Timur oleh Sutaman, MA, dkk. Penerbit PT. Wahana Dinamika Karya.2004, (b) pengajaran ketrampilan membaca guru menggunakan metode membaca, pengajaran berbicara dengan metode modelling, menulis dengan metode gramatika terjemah, dan mendengar dengan metode Audio-lingual. Penggunaan metode belum maksimal, sehingga guru kurang bisa menguasai situasi kelas, (c) media pembelajaran yang tersedia belum dimanfaatkan secara optimal. Guru sering menggunakan benda-benda asli dalam kelas seperti buku teks sebagai media pembelajaran, (d) penilaian yang diterapkan ii oleh guru meliputi penilaian proses dan hasil. Kedua penilaian tersebut mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Penilaian proses dilaksanakan selama KBM berlangsung. Sedangkan penilaian hasil belajar dilakukan setiap selesai pembelajaran. Faktor pendukung implementasi KTSP dalam PBA adalah sarana dan prasarana, tenaga pengajar, kepala sekolah, siswa, dan lingkungan sekolah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat PBA adalah heterogenitas siswa, dan kurangnya pemahaman guru bahasa Arab terhadap KTSP. Disarankan agar Guru bahasa Arab MAN Jombang dalam perencanaan, dan implementsi KTSP dalam pembelajaran menciptakan situasi yang lebih menyenangkan dan mampu memaksimalkan penggunaan metode, media dan setrategi yang kreatif, pihak sekolah diharapkan lebih meningkatkan kerja sama dengan guru, sehingga siswa berkualitas dalam IMTAQ dan IPTEK, dan mengadakan sosialisasi/pelatihan-pelatihan guru-guru bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru dalam PBA berbasis KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item