Model pembelajaran qira'ah I (Membaca I) dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Zaeny Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran qira'ah I (Membaca I) dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Zaeny Rohmawati

Rohmawati, Zaeny (2009) Model pembelajaran qira'ah I (Membaca I) dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Zaeny Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini dosen tidak banyak menggunakan strategi pembelajaran yang beragam dan menarik dalam mengajar untuk menambah pemahaman mahasiswa terhadap suatu materi. Hal ini mengakibatkan mahasiswa kurang memiliki motivasi untuk belajar. Mereka menginginkan variasi strategi pembelajaran agar suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Selain itu dosen sering memberikan tugas individu yang dirasa memberatkan mahasiswa karena mereka menemukan banyak kesulitan dalam mengerjakannya. Mereka merasa jenuh dengan tugas-tugas yang diberikan secara individual. Menurut mereka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memudahkan mereka dalam memahami materi perkuliahan dan menjawab soal-soal yang diberikan. Pekerjaan akan terasa lebih mudah dan ringan ketika dilakukan secara berkelompok. Mereka dapat saling bertukar pikiran dengan teman dan berperan aktif dalam memahami materi. Permasalahan ini dapat diatasi dengan cara dosen memberikan variasi strategi pembelajaran agar atmosfer pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan meningkatkan motivasi intrinsik mahasiswa dalam belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diberikan adalah strategi pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Tujuan pengembangan secara umum adalah menghasilkan model pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. Tujuan khusus pengembangan adalah (1) menghasilkan model rencana pelaksanaan pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw (2) mendeskripsikan model proses pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (research and development) Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah dan telah dimodifikasi peneliti menjadi 7 langkah. Langkah-langkah tersebut adalah (1) melakukan pengumpulan data atau informasi (2) mengembangkan draf atau produk awal (3) uji ahli kepada 2 ahli pembelajaran bahasa Arab (4) revisi produk awal (5) uji lapangan (6) penyempurnaan produk akhir dan (7) hasil akhir produk pengembangan. Lokasi penelitian adalah di Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (JSA FS UM). Uji coba dilakukan dalam 2 tahap yaitu uji ahli dan uji lapangan. Uji ahli dilakukan kepada 2 ahli pembelajaran bahasa Arab yaitu (1) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd dan (2) Dr. Nurul Murtadho M.Pd. Sedangkan uji lapangan dilakukan kepada mahasiswa JSA FS UM angkatan 2007 offering A yang menempuh mata kuliah Qira ah I pada semester gasal tahun 2008/2009 sebanyak 22 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini ii adalah format penilaian. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil pengembangan berupa model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang meliputi (1) model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw dan (2) model proses pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. Komponen-komponen yang terdapat dalam RPP Qira ah I hasil pengembangan meliputi identitas standar kompetensi (SK) kompetensi dasar (KD) indikator tujuan pembelajaran metode pembelajaran sumber dan media/alat pembelajaran skenario perkuliahan dan penilaian/evaluasi. RPP ini mempunyai spesifikasi yang berbeda dengan RPP lainnya. Perbedaan mendasar terdapat dalam salah satu komponennya yaitu skenario perkuliahan. Dalam komponen ini langkah-langkah pembelajaran Qira ah I dirancang secara khusus dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. RPP yang dikembangkan ini diuji oleh ahli pembelajaran bahasa Arab. Dari keseluruhan aspek dan kriteria penilaian menurut ahli pembelajaran bahasa Arab didapat hasil persentase sebesar 90%. Hal ini berarti produk pengembangan dinyatakan valid karena berada pada skala 76% - 100%. Namun masih terdapat beberapa kesalahan sehingga dilakukan revisi berdasarkan saran atau masukan dari ahli pembelajaran dengan tujuan agar diperoleh produk pengembangan yang lebih baik dari sebelumnya. RPP ini selanjutnya diaplikasikan dalam pembelajaran Qira ah I (uji lapangan) untuk memperoleh penilaian dan tanggapan tentang efektivitas dan efisiensi produk pengembangan. Dari hasil uji lapangan diperoleh persentase sebesar 89% sehingga produk pengembangan ini dapat dipergunakan untuk kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai salah satu alternatif untuk variasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Uraian tentang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw dipaparkan sebagai hasil dari penelitian pengembangan ini. Paparan ini merupakan pendeskripsian proses pembelajaran Qira ah I secara jelas dan detail. Ada tiga kegiatan utama yang dipaparkan antara lain (a) kegiatan pendahuluan (b) kegiatan inti dan (c) kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan berisi kegiatan dosen untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian mahasiswa agar terpusat kepada apa yang akan dipelajari. Kegiatan inti berisi tahap-tahap pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw. Kegiatan penutup memuat kegiatan dosen untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran. Masing-masing kegiatan terdiri dari beberapa tahap pembelajaran. Setiap tahap pembelajaran yang terjadi di kelas diuraikan dan dibahas secara rinci. Penerapan model pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di JSA FS UM didokumentasikan dalam sebuah CD Interaktif. Pendokumentasian dalam bentuk CD Interaktif ini dimaksudkan agar model pembelajaran Qira ah I dengan pendekatan kooperatif Jigsaw di JSA FS UM tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan secara luas untuk keperluan pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran. Bertolak dari hasil pengembangan dalam penelitian ini peneliti memberikan saran kepada para peneliti selanjutnya agar memperluas subjek uji coba untuk memperoleh efektivitas dan efisiensi produk hasil pengembangan yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item