Penggunaan metode stad untuk meningkatkan kemampuan menulis terbimbing Bahasa Arab di MTs Nu'alimin NU Malang / Nurul Makrifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode stad untuk meningkatkan kemampuan menulis terbimbing Bahasa Arab di MTs Nu'alimin NU Malang / Nurul Makrifah

Makrifah, Nurul (2009) Penggunaan metode stad untuk meningkatkan kemampuan menulis terbimbing Bahasa Arab di MTs Nu'alimin NU Malang / Nurul Makrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di kelas VIII MTs Mu alimin NU Malang masih bersifat monoton karena hanya melalui metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan masih sebatas pada papan dan kapur tulis saja sehingga siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mudah bosan. Untuk mengatasi kondisi tersebut diperlukan suatu metode alternatif di antaranya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) untuk meningkatkan kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara objektif (1) perencanaan pembelajaran menulis terbimbing bahasa Arab (2) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab sebelum menggunakan metode STAD (3) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab setelah menggunakan metode STAD dan (4) hubungan antara metode STAD dan prestasi belajar siswa dalam menulis terbimbing bahasa Arab. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan didukung oleh penelitian kualitatif. Data peningkatan kemampuan menulis terbimbing siswa setelah menggunakan metode STAD dalam penelitian ini diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII MTs Mu alimin NU Malang. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis terbimbing bahasa Arab berdasarkan KTSP (2) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab sebelum STAD awalnya siswa belum bisa membedakan antara huruf yang disambung dan dipisah (3) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab setelah STAD siswa sudah bisa merangkai huruf hijaiyah serta lebih antusias belajar bahasa Arab (4) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dan metode STAD yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Arab yang mencoba menerapkan metode STAD ini agar mempertimbangkan temuan penelitian ini khususnya berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dalam metode STAD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Arab kepala sekolah jurusan sastra Arab. Bagi peniliti lain dapat dijadikan rujukan dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item