Berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa / Alfi Syahrin

Syahrin, Alfi (2020) Berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa / Alfi Syahrin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Syahrin, Alfi. 2019. Berpikir Kreatif dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dawud, M.Pd., (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., dan (III) Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd. Kata kunci: berpikir kreatif, tulisan, karya ilmiah mahasiswa Secara umum, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa. Secara khusus, penelitian ini mendeskripsikan (1) jenis berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa yang meliputi jenis berpikir reflikasi, redefinisi, rekonstruksi, dan integrasi, (2) pola berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa yang meliputi pola berpikir imajinatif, divergen, dan lateral, dan (3) proses berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa yang meliputi proses berpikir analitik, evaluatif, aplikatif, dan interpretatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data penelitian ini berupa hubungan antargagasan yang ada dalam teks tulisan karya ilmiah mahasiswa. Hubungan antargagasan tersebut terpapar dalam kata, frasa, kalimat, gugus kalimat, paragraf, gugus paragraf, dan teks utuh. Sumber data penelitian ini adalah teks karya ilmiah mahasiswa. Karya ilmiah yang diteliti berupa program kreativitas mahasiswa Universitas Negeri Malang tahun 2017. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan survei, studi dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yang terjadi secara bersamaan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa direpresentasikan atas jenis berpikir kreatif, pola berpikir kreatif, dan proses berpikir kreatif. Jenis berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa direpresentasikan dalam jenis berpikir reflikasi, redefinisi, rekonstruksi, dan jenis berpikir integrasi. Jenis berpikir reflikasi untuk mengungkap keberagaman informasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi dan mengklasifikasi informasi tersebut berdasarkan kesesuaian dengan fokus kajian. Jenis berpikir redefinisi direpresentasikan dengan penggunaan gaya kalimat yang beragam (gaya kalimat yang melepas, klimaks, dan berimbang) dan penggunaan kata (penggunaan bentuk kata, kata ulang, transposisi kata, dan penggunaan jenis kata). Gaya kalimat dan ketepatan penggunaan kata dipergunakan untuk memadukan atau menyesuaikan antarkalimat dalam paragraf. Jenis berpikir rekonstruksi direpresentasikan dengan kebertautan gagasan dapat dilakukan dengan kelogisan kalimat, keserasian kalimat, dan kepaduan antarkalimat (penanda hubungan penunjuk, penggantian, pelesapan, perangkai, dan penanda hubungan leksikal). Jenis berpikir integrasi direpresentasikan dengan keberagaman gagasan dilakukan dengan kepaduan gagasan, pembaharuan gagasan, dan kebervariasian gagasan (penggunaan gagasan dengan cara deduktif, klimaks dan antiklimaks, eksposisi ilustrasi, sajian fakta secara objektif, pengembangan eksposisi definisi, sajian fakta secara sistematis, sajian contoh-contoh, sebab-akibat, dan penggunaan gagasan dengan cara analogi). Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis berpikir kreatif yang lebih dominan digunakan subjek penelitian adalah jenis berpikir integrasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis berpikir integrasi merupakan hal yang utama dalam penulisan karya ilmiah. Pola berpikir kreatif dalam karya ilmiah direpresentasikan dalam pola berpikir imajinatif, divergen, dan lateral. Pola berpikir imajinatif tampak pada keberagaman gagasan berdasarkan pengalaman. Pola berpikir divergen tampak pada keberagaman gagasan dan teknik pengembangan gagasan (kohesi leksikal, penggunaan konjungsi, teknik deduktif, teknik kausalitas, dan teknik akibat-sebab) dalam paragraf. Pola berpikir lateral tampak pada penggunaan beragam gagasan yang sesuai dan ketepatan penggunaan asumsi terhadap pemecahan masalah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pola berpikir divergen lebih dominan digunakan daripada pola berpikir imajinatif dan pola berpikir lateral. Pola berpikir divergen adalah komponen penting dari berpikir kreatif, karena berfungsi untuk menghasilkan banyak gagasan. Proses berpikir kreatif dalam karya ilmiah direpresentasikan dalam proses berpikir analitik, evaluatif, aplikatif, dan interpretatif. Dalam tahapan analitik ditentukan hal-hal pokok yang akan mengarahkan penulis untuk memeriksa argumen. Tahap evaluatif ditentukan untuk menilai argumen berdasarkan fakta yang layak diterapkan dalam tulisan. Tahap aplikatif penulis mengemukakan argumen, menyatakan masalah, dan mengemukakan kebenaran prosedur. Tahap interpretatif melakukan klarifikasi makna yang berfungsi menjelaskan makna yang terkandung dalam argumen, sehingga lebih jelas dan memudahkan pembaca memahami maksud argumen tersebut. Berdasarkan temuan tersebut disampaikan saran-saran. Pertama, disarankan kepada para dosen dan praktisi untuk meningkatkan sistem pengelolaan dan pembinaan matakuliah yang berkaitan dengan menulis karya ilmiah. Untuk keperluan itu, maka perlu dilakukan perbaikan silabus sebagai dasar dan pedoman dalam pembelajaran menulis karya ilmiah. Kedua, disarankan kepada mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan berpikir kreatif dalam menulis karya ilmiah, diperlukan usaha secara berkelanjutan melatih kecermatan dan kejelian dalam mengobservasi dan mengeksplorasi informasi-informasi yang terjadi di lapangan. Ketiga, disarankan untuk peneliti selanjutnya, pengkajian dalam penelitian ini baru difokuskan pada berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa yang meliputi jenis berpikir kreatif, pola berpikir kreatif, dan proses berpikir kreatif dalam karya ilmiah mahasiswa. Untuk mendapatkan temuan atau informasi secara menyeluruh tentang berpikir kreatif dalam karya ilmiah, perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap berpikir kreatif mahasiswa dalam menulis karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115446

Actions (login required)

View Item View Item