Pemanfaatan teknik drama untuk menguatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Insan Amanah Kota Malang / Suhardini Nurhayati

Nurhayati, Suhardini (2020) Pemanfaatan teknik drama untuk menguatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Insan Amanah Kota Malang / Suhardini Nurhayati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurhayati, Suhardini. 2019. Pemanfaatan Teknik Drama untuk Menguatkan Kemampuan Berbicara Siswa kelas V SD Insan Amanah Malang. Disertasi, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ghazali, M.Pd., (II) Dr. Roekhan, M.Pd (III) Prof. Maryaeni, M.Pd. Kata Kunci : pemanfaatan, teknik drama, kemampuan berbicara Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, budaya orang lain, mengemukakan gagasan, perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global. Pada murid sekolah dasar terdapat beberapa aspek dalam pekembangannya, yaitu aspek perkembangan fisik, kognitif, emosi, sosial, dan moral. Berkaitan dengan hal tersebut, maka drama adalah bagian karya sastra yang bersentuhan langsung dengan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan moral. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari pemanfaatan teknik drama di sekolah dasar. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah : (1) menjelaskan tahapan teknik drama yang meliputi 5 teknik yaitu penguatan pelafan, artikulasi, dan intonasi, mengolah kata, kata favoritku, arti sebuah nama, dan bermain dengan peribahasa; (2) menjelaskan kompleksitas kalimat yang dihasilkan siswa dilihat dari kalimat dasar dan kalimat transformasi; dan (3) menjelaskan tentang aspek dramatis yang membentuk kemampuan berbicara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dikatakan penelitian kualitatif dikarenakan penelitian ini menggunakan latar alamiah sebagai sumber data yaitu konteks pembelajaran di kelas V SD yang bersifat dalam situasi alamiah dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan deskripsi objektif tentang variasi kalimat yang dihasilkan siswa dengan memanfaatkan teknik drama didasarkan pada gejala yang terungkap di lapangan, yaitu pembelajaran oleh guru dan tuturan kalimat siswa serta situasi yang melingkupi dalam interaksi pembelajaran di kelas. Data penelitian yang berupa rekaman dan data lapangan dianalisis secara induktif. Rancangan etnografi komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini mengharuskan peneliti berada di lapangan dan berbaur dengan subjek yang diteliti untuk mendapatkan data secara utuh, komprehensif, dan menyeluruh sesuai dengna konteks penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pemanfaatan lima teknik drama dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan terlihat lewat jumlah dan jnis kalimat yang dihasilkan siswa, (2) kompleksitas kalimat yang dihasilkan siswa terlihat melalui analisis terhadap jenis kalimat dasar, kalimat transformasi keterangan, transformasi tunggal, kalimat sematan, dan kalimat rapatan. Hal ini menunjukkan kemampuan kebahasaan siswa dan penguasaan terhadap kosakata sangat tinggi. Penguasaan kosakata yang tinggi karena budaya literasi yang bagus di SD Insan Amanah sedangkan kemampuan merangkai kalimat terbentuk dengan bagus karena siswa diberi kebebasan mengekspresikan diri melalui pembelajaran yang memanfaatkan teknik drama, dan (3) aspek dramatis dalam teknik drama mampu membentuk kemampuan berbicara. Olah vokal, olah gerak, dan olah imajinasi pada aspek dramatis yang membentuk kemampuan berbicara antara lain (a) kemampuan menyampaikan tanggapan dalam bentuk kalimat berita dan kalimat perintah, (b) kemampuan menyampaikan pertanyaan dalam bentuk kalimat Tanya dengan menggunakan apa, siapa, bagaiman, dan mengapa, (c) Kemampuan menyebut kosakata dan merangkai kalimat , (d) kemampuan menyebut kata atau kalimat dengan pelafalan, intonasi, dan artikulasi yang tepat, (e ) kemampuan bercerita dengan mimik dan ekspresi yang tepat sesuai kalimat yang disampaikan, dan (f) Kemampuan menyusun dialog secara runtut berdasarkan kalimat-kalimat yang dihasilkan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115444

Actions (login required)

View Item View Item