Pemanfaatan teknik drama untuk menguatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Insan Amanah Kota Malang / Suhardini Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan teknik drama untuk menguatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Insan Amanah Kota Malang / Suhardini Nurhayati

Nurhayati, Suhardini (2020) Pemanfaatan teknik drama untuk menguatkan kemampuan berbicara siswa kelas 5 SD Insan Amanah Kota Malang / Suhardini Nurhayati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurhayati Suhardini. 2019. Pemanfaatan Teknik Drama untuk Menguatkan Kemampuan Berbicara Siswa kelas V SD Insan Amanah Malang. Disertasi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ghazali M.Pd. (II) Dr. Roekhan M.Pd (III) Prof. Maryaeni M.Pd. Kata Kunci pemanfaatan teknik drama kemampuan berbicara Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya budayanya budaya orang lain mengemukakan gagasan perasaan berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespons situasi lokal regional nasional dan global. Pada murid sekolah dasar terdapat beberapa aspek dalam pekembangannya yaitu aspek perkembangan fisik kognitif emosi sosial dan moral. Berkaitan dengan hal tersebut maka drama adalah bagian karya sastra yang bersentuhan langsung dengan aspek fisik kognitif emosi sosial dan moral. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari pemanfaatan teknik drama di sekolah dasar. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan tahapan teknik drama yang meliputi 5 teknik yaitu penguatan pelafan artikulasi dan intonasi mengolah kata kata favoritku arti sebuah nama dan bermain dengan peribahasa (2) menjelaskan kompleksitas kalimat yang dihasilkan siswa dilihat dari kalimat dasar dan kalimat transformasi dan (3) menjelaskan tentang aspek dramatis yang membentuk kemampuan berbicara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dikatakan penelitian kualitatif dikarenakan penelitian ini menggunakan latar alamiah sebagai sumber data yaitu konteks pembelajaran di kelas V SD yang bersifat dalam situasi alamiah dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan deskripsi objektif tentang variasi kalimat yang dihasilkan siswa dengan memanfaatkan teknik drama didasarkan pada gejala yang terungkap di lapangan yaitu pembelajaran oleh guru dan tuturan kalimat siswa serta situasi yang melingkupi dalam interaksi pembelajaran di kelas. Data penelitian yang berupa rekaman dan data lapangan dianalisis secara induktif. Rancangan etnografi komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini mengharuskan peneliti berada di lapangan dan berbaur dengan subjek yang diteliti untuk mendapatkan data secara utuh komprehensif dan menyeluruh sesuai dengna konteks penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pemanfaatan lima teknik drama dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan terlihat lewat jumlah dan jnis kalimat yang dihasilkan siswa (2) kompleksitas kalimat yang dihasilkan siswa terlihat melalui analisis terhadap jenis kalimat dasar kalimat transformasi keterangan transformasi tunggal kalimat sematan dan kalimat rapatan. Hal ini menunjukkan kemampuan kebahasaan siswa dan penguasaan terhadap kosakata sangat tinggi. Penguasaan kosakata yang tinggi karena budaya literasi yang bagus di SD Insan Amanah sedangkan kemampuan merangkai kalimat terbentuk dengan bagus karena siswa diberi kebebasan mengekspresikan diri melalui pembelajaran yang memanfaatkan teknik drama dan (3) aspek dramatis dalam teknik drama mampu membentuk kemampuan berbicara. Olah vokal olah gerak dan olah imajinasi pada aspek dramatis yang membentuk kemampuan berbicara antara lain (a) kemampuan menyampaikan tanggapan dalam bentuk kalimat berita dan kalimat perintah (b) kemampuan menyampaikan pertanyaan dalam bentuk kalimat Tanya dengan menggunakan apa siapa bagaiman dan mengapa (c) Kemampuan menyebut kosakata dan merangkai kalimat (d) kemampuan menyebut kata atau kalimat dengan pelafalan intonasi dan artikulasi yang tepat (e ) kemampuan bercerita dengan mimik dan ekspresi yang tepat sesuai kalimat yang disampaikan dan (f) Kemampuan menyusun dialog secara runtut berdasarkan kalimat-kalimat yang dihasilkan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115444

Actions (login required)

View Item View Item