Pengembangan kitab Matan al-Ajruumiyyah dengan pendekatan induktif untuk siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum / Isnainiyah

Isnainiyah (2019) Pengembangan kitab Matan al-Ajruumiyyah dengan pendekatan induktif untuk siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum / Isnainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Isnainiyah. 2019. Pengembangan Kitab Matan al ÔÇô Ajruumiyyah dengan Pendekatan Induktif untuk Siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd. (2) Ali MaÔÇÖsum M.A. Kata Kunci: Pengembangan, Matan al - Ajrumiyyah , Pendekatan Induktif, Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Kitab Matan al - Ajrumiyyah adalah kitab nahwu yang sering dipelajari dikalangan pesantren, termasuk Nurul Ulum. Kitab Matan al - Ajrumiyyah yang dipelajari di Madrasah Diniyah Nurul Ulum hanya berisi kaidah-kaidah nahwu, sehingga dalam setiap pembelajaran, siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum mengalami kesulitan. Mereka hanya bisa menghafal kaidah-kaidah nahwu yang ada dalam kitab tersebut, dan sedikit dari mereka yang memahami materi yang terkandung dalam kaidah-kaidah nahwu tersebut. Metode yang digunakan dalam proses pembelajarannya adalah terjemah jenggotan dan deduktif. Kedua metode ini memiliki kelemahan diantaranya siswi pasif dalam pembelajaran dan hanya mendengarkan guru yang menerangkan, dan seringkali ketika selesai pembelajaran mereka lupa terhadap kaidah apa yang telah diterangkan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif, (2) mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif untuk siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum, dan (3) mendeskripsikan efektifitas produk pengembangan Kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif untuk siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada model model R&D menurut Borg and Gall. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswi kelas 1 Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang diperoleh peneliti adalah (1) ahli media, (2) ahli materi Nahwu, (3) guru pengajar Nahwu di Madrasah Diniyah Nurul Ulum, dan (4) siswi kelas 1 Madrasah Diniyah Nurul Ulum. Hasil penelitian ini adalah: (1) kitab Matan al ÔÇô Ajruumiyyah dengan pendekatan induktif yang berjudul ÔÇ£Pembelajaran Kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan Pendekatan InduktifÔÇØ terdiri dari 14 bab dan setiap bab dipaparkan materi yang dimulai dari paparan contoh, penjelasan kaidah, dan latihan, (2) kelayakan produk kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif ini mendapatkan nilai rata-rata 88,85% dari ahli media, ahli materi, guru, dan siswi, dan (3) Penggunaan buku hasil pengembangan kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif dinyatakan efektif dengan tingkat kepercayaan 99,9%, karena hasil thitung > t tabel ( Dari hasil penelitian ini, dapat dikemukakan beberapa saran, antara lain: (1) Bagi para siswi diharapkan dapat mempelajari kitab Matan al - Ajrumiyyah dengan pendekatan induktif ini di kelas maupun di luar kelas, (2) Bagi guru nahwu diharapkan memanfaatkan buku Matan al - Ajrumiyyah dengan v pendekatan induktif ini sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan dijadikan inspirasi untuk membuat media yang semisal untuk bab-bab selanjutnya dengan kualitas yang lebih baik, (3) Bagi peneliti dan pengembang media lainnya, hendaknya media ini bisa diteliti kekurangannya, diperbaiki, ditambah, dan dikembangkan yang lebih baik lagi, dan (4) Bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab diharapkan dapat menjadikan hasil pengembangan ini sebagai bahan kajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11537

Actions (login required)

View Item View Item