Tathwir alkitabul muqorrir fi fannilmunadzirotil Arobiyah lithulabatil jaami'ah / Fakhrur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Tathwir alkitabul muqorrir fi fannilmunadzirotil Arobiyah lithulabatil jaami'ah / Fakhrur Rozi

Rozi, Fakhrur (2019) Tathwir alkitabul muqorrir fi fannilmunadzirotil Arobiyah lithulabatil jaami'ah / Fakhrur Rozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v Abstrak Rozi Fakhrur. 2018. Pengembangan Buku Panduan Seni Debat Berbahasa Arab untuk Mahasiswa. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Kholisin M.Hum (2) Ali Ma sum S.Pd. M.A Kata kunci Buku Panduan Seni Debat Berbahasa Arab Mahasiswa. Debat adalah salah satu keterampilan berbicara yang diminati oleh mahasiswa. hal itu terjadi karena debat dapat menstimulus nalar berpikir dan kompetensi berbahasa mereka. Namun tidak banyak Mahasiswa yang kompeten dan menguasai pola perdebatan serta sistem resmi pada bidang tersebut. Hal itu dikarenakan banyak faktor diantaranya kurangnya kontinuitas latihan penggunaan teknik debat yang kurang efektif dan kurangnya buku yang secara spesifik membahas tentang debat berbahasa Arab. Oleh karena itu peneliti menyusun buku panduan seni debat berbahasa Arab sebagai upaya penyediaan informasi serta panduan akan debat bahasa Arab. Tujuan penelitian ini terdiri atas dua pokok bahasan yaitu (1) menghasilkan produk yang dikembangkan berupa buku panduan debat berbahasa Arab untuk mahasiswa serta petunjuk penggunaannya dan (2) mendeskripsikan kelayakan buku panduan seni debat berbahasa Arab tersebut. Metode yang digunakan oleh peneliti pada penelitiannya adalah metode Borg dan Gall (1989) yang kemudian dimodifikasi menjadi enam langkah penelitian sesuai dengan kebutuhan pengembangan buku panduan seni debat berbahasa Arab untuk Mahasiswa yaitu sebagai berikut (1) analisis kebutuhan (2) model produk yang dikembangkan (3) validasi para ahli (4) revisi produk (5) uji coba lapangan dan (6) hasil akhir. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk pengembangan berupa buku yang terdiri atas 3 bab lengkap dengan petunjuk penggunaannya. Bab pertama menerangkan tentang definisi debat pembagiannya dan sistem resmi yang digunakan pada 3 tingkat yaitu tingkat Nasional Asean dan Internasional. Bab kedua fokus pada pembahasan prinsip-prinsip perdebatan dan unsur penting di dalamnya. Sedangkan Bab ketiga membahas tentang contoh pola atau style bahasa yang digunakan. (2) Tingkat kelayakan produk pengembangan buku panduan seni debat berbahasa Arab adalah sangat baik dan layak digunakan sebagai buku panduan debat dengan rincian kevalidan sebagai berikut a) hasil validasi dari Ahli materi yaitu 85 7% b) hasil validasi Ahli buku panduan yaitu 82 1% dan c) hasil uji lapangan yaitu 81 6%. Sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan peneliti setelah validasi dari ahli materi dan buku panduan serta uji coba lapangan di komunitas debat bahasa Arab Manabir adalah 81 75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti menganjurkan kepada seluruh mahasiswa yang ingin mendalami seni debat berbahasa Arab secara detail untuk mengambil manfaat sebaik mungkin dari buku tersebut. Dan peneliti juga berharap adanya buku panduan di bidang yang lain untuk mengembangkan kemampuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11536

Actions (login required)

View Item View Item