Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kota Malang / Nur Fitriani

Fitriani, Nur (2019) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kota Malang / Nur Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani, Nur. 2019. Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Nurhidayati, M.Pd (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.I Kata Kunci: pemetaan, pembelajaran bahasa Arab, Madrasah Aliyah Beragamnya nilai akreditasi MA di kota Malang, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa, termasuk nilai mata pelajaran bahasa Arab juga beragam. Untuk menyamaratakan dan mendorong siswa mencapai nilai yang baik, seorang guru harus merancang perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian pembelajaran secara tepat dan efektif. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pemetaan pembelajaran bahasa Arab di MA kota Malang, yang bertujuan untuk mendeskripsikan kualifikasi guru, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Penyebaran angket berfungsi untuk memperoleh data yang mencukupi berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab, sedangkan wawancara dilakukan apabila terdapat jawaban yang kurang jelas dari angket. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap tabulasi, dan (3) tahap klasifikasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualifikasi guru di MA kota Malang sudah cukup baik, karena sebagian besar guru telah mengikuti penataran maupun pelatihan, (2) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MA kota Malang sudah baik, seluruh MA di kota Malang telah menerapkan K13 dan semua guru telah menyusun RPP sesuai silabus, (3) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MA kota Malang juga sudah cukup baik, metode pembelajaran yang digunakan cukup variatif, seluruh guru menggunakan media dalam pembelajaran dan menggunakan buku teks dari Kemenag, (4) penilaian pembelajaran bahasa Arab di MA kota Malang sudah baik, guru-guru lebih sering melaksanakan penilaian formatif setiap akhir bab dan hampir seluruh guru memberikan penilaian dalam bentuk tes yang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11534

Actions (login required)

View Item View Item