Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk / Robeth Norman Tijani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk / Robeth Norman Tijani

Tijani, Robeth Norman (2019) Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk / Robeth Norman Tijani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Tijani Robeth Norman. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X Agama MAN 2 Nganjuk. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd. (2) Dr. Mohammad Ahsanuddin M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Two Stay Two Stray dan kemampuan menulis. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk diketahui bahwa selama ini guru mengajar menulis bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran ceramah dan terjemah. Hal ini dinilai kurang dalam hal menarik minat dan semangat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk dan (2) peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas X Agama MAN 2 Nganjuk setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini terdapat 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan (planning) (2) pelaksanaan tindakan (action) (3) observasi/pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi (2) wawancara (3) kuesioner (4) tes dan (5) dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan model pembelajaran TSTS untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II permasalahan tersebut dapat diperbaiki siswa menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari segi peningkatan hasil belajar menulis bahasa Arab menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar menulis bahasa Arab siswa pada tiap siklusnya. Nilai standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan pre test dan post test didapatkan peningkatan nilai rata-rata nilai hasil pre test sebesar 61 dan post test siklus I sebesar 74 belum mencapai SKM namun mengalami peningkatan 13%. Sedangkan post test siklus II nilai sudah mengalami peningkatan dan melebihi nilai SKM yang ditentukan yaitu 83 dan mengalami peningkatan 9% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru bahasa Arab MAN 2 Nganjuk untuk menggunakan model pembelajaran TSTS sebagai salah satu model pembelajaran variatif dalam pembelajaran menulis bahasa Arab. Dan terakhir untuk peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran TSTS pada keterampilan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item