Kemitraan Tri Sentra pendidikan dengan pendekatan parenting education untuk menguatkan layanan pendidikan anak usia dini (Studi multisitus di TK Anak Saleh Malang, TK Idhata Mataram dan TK Al-Anshor Lombok Tengah) / Rudi Hariawan

Hariawan, Rudi (2020) Kemitraan Tri Sentra pendidikan dengan pendekatan parenting education untuk menguatkan layanan pendidikan anak usia dini (Studi multisitus di TK Anak Saleh Malang, TK Idhata Mataram dan TK Al-Anshor Lombok Tengah) / Rudi Hariawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hariawan, Rudi. 2019. Kemitraan Tri Sentra Pendidikandengan Pendekatan Parenting Education untuk Penguatan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Situs di TK Anak Saleh Malang, TK Idhata Mataram dan TK Al-Anshor Lombok Tengah). Disertasi Doktor Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. NurulUlfatin, M.Pd, (II) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y. M.Pd, (III) Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. Kata Kunci: kemitraan, tri sentra pendidikan, nilai-nilai edukasi dalam parenting Masa usia dini disebut juga sebagai periode keemasan dalam perkembangan anak oleh karena itu anak membutuhkan layanan pendidikan dan pengasuhan yang benar. Capaian perkembangan akan maksimal, bila lingkungan pendidikan anak ikut mendukung terbangunnya partisipasi dan keselarasan pendidikan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemitraan tri sentra pendidikan dengan pendekatan parenting education untuk penguatan layanan pendidikan anak usia dini, dengan tiga fokus penelitian, yaitu: (1)menemukan bentuk program kemitraan dalam penguatan layanan pendidikan di sentra keluarga sekolah dan masyarakat;(2)menemukan nilai-nilai edukasi yang digunakan dalam pendekatan parenting yang terdapat pada program kemitraan tri sentra pendidikan, dan (3)menjelaskan penerapan model kemitraan tri sentra pendidikan dengan pendekatan parenting education. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs, dengan teknikpengumpulan datamenggunakan in-depth interview, observation, dan study of documents.Analisis data dilakukan dengan dua tahapan: Tahap pertama,melakukan analisis data situstunggal pada situs I, II, & III untuk menghasilkan temuan sementara pada masing-masing situs.Tahap kedua,melakukan analisis data lintas situsdengan cara memadukan dan membandingkan temuan pada situs I dan II untuk menghasilkan temuan sementara lintas situs I & II, selanjutnya temuan sementara pada lintas situs I & II dipadukan dan dibandingkan dengan temuan situs III untuk menghasilkan temuan sementara lintas situs I, II & III, kemudian menyusun temuan akhir penelitian.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji credibility data, uji transferability, uji dependability, dan uji conformability. Hasil temuan penelitian untuk fokus_1program kemitraan dalam penguatan layanan pendidikan di sentra-keluarga,yaitu: (1) melaksanakan program pendampingan belajar, menemani dan membimbing anak melakukan berbagai aktivitas bermain sambil belajar di rumah, membacakan buku cerita bagi anak, melatih anak menulis dan membaca, menggambar dan mewarnai, (2) orang tua membangun quality time bersama anak dengan cara ikut aktif dalam outing-class, outbound, lomba &game, darmawisata, studi ekskursi, dan rekreasi; Programdi sentra-sekolah, yaitu: (1)memberikan layanan pembelajaran berbasis sentra dan fasilitas belajar yang memadai di sekolah, (2) pembentukan karakter akhlak sesuai dengan nilai agama dari kearifan lokal masyarakat yang multikultural;Program disentra-masyarakat, yaitu: (1)mengajak partisipasi para tokoh agama dan masyarakat berkontribusi sesuai dengan keahliannya dalam program kemitraan dan parenting education, baik sebagai pendidik dan ulama bagi guru dan orang tua murid, dan (2) berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan masyarakat.Fokus_2 nilai-nilai edukasi yang digunakan dalam pendekatan parentingdi sentra-keluarga, yaitu: (1) membangun makna kebersamaandan kedekatan dalam keluarga, (2)pembiasan berkata sopan dan santun dengan anak, (3) mengajak anak menjalankan ibadah dan menegakkan disiplin dalam belajar; Nilai edukasi di sentra-sekolah, yaitu: (1) membangun suasana belajar-mengajar menyenangkan gembira dan berkualitas, (2) penanaman nilai moral, simpati, empatimelalui aksi sosial seperti memberi, berbagi, sedekah, komunikasi yang bersahaja, santun, ramah, penuh kelembutan antara para guru-murid, murid-murid lainnya, murid-orang-orang selama di sekolah;Nilai edukasi di sentra-masyarakat, dilakukan dengan penerapan nilai konteks-local dankearifan lokal dengan kata-kata dan perbuatan nyata misalnya, untuk kata sapaan apa, ini, saya, sudah, anda/kamu (napi, niki, tyang, sampun, side/pelungguh), dan dengan perbuatan ditunjukkan dengan hormat kepada orang tua,dan mengajarkan etika dalam makan dan minum ketika sendiri dan bersama di tengah masyarakat.Temuan pada fokus_3 tentangmodel kemitraan dengan pendekatan parenting education dilakukan dengan cara, yaitu:(1) pola hubungan sekolah-keluarga (sentra 2-1)positif partnershipdalam pendidikan dan pengasuhan anak dengan melaksanakan program pertemuan formal setahun 5kali pertemuan, program layanan kesehatan anak & orang tua, program gerakan membacakan anak buku. (2) pola hubungan sekolah-masyarakat (sentra 2-3)membangun jaringan untuk program studi ekskursi, kunjungan, rekreasi, outbound, dan membangun partnership untuk memperoleh dukungan dana dari orang tua murid dan masyarakat untuk peningkatan layanan pendidikan dan pengasuhan anak. Saran-saran yang ditunjukkan kepada: (1) kepada kepala sekolah, yaitu menjadikan hasil penelitian ini sebagaibahan pertimbangandalam mengambil kebijakan untuk memperkuat hubungan kemitraan dengan stakeholders-nya, membuat jaringan, membangun dukungan untuk memberikan layanan pendidikan dan pengasuhan yang lebih menyeluruh kepada peserta didiknya; (2) kepada orang tua murid & guru, yaitu menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam menjalin hubungan persaudaraan untuk menyelaraskan program pendidikan dan pengasuhan di sentra keluarga-sekolahdalammenstimulasi perkembangan anak yang lebih terprogram dan berkelanjutan; (3) kepada Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, yaitu dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk membuat terobosan yang lebih konstruktif bagi kemitraan keluarga, sekolah dan masyarakat yang mampu mengakomodasi nilai kearifan lokal daerah setempat untuk peningkatan layanan pendidikan dan pengasuhan anak yang lebih komprehensif; (4) program studi manajemen pendidikan, yaitu dengan hasil penelitian ini sebagai bahan dalam melakukan pengembangan keilmuan manajemen peserta didik anak usia dini, dan kemitraan dalam pendidikan pada manajemenhubungan masyarakat; dan (5) Kepada peneliti berikutnya dapat melakukan kajian yang lebih mendalam tentang manajemen kemitraan dengan pendekatan potensi local wisdoms untuk penguatan layanan pendidikan anak usia di daerah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terdepan).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115310

Actions (login required)

View Item View Item