Hubungan disiplin kerja guru, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan, motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri se Kabupaten Lombok Barat / Yudin Citriadin

Citriadin, Yudin (2019) Hubungan disiplin kerja guru, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan, motivasi berprestasi dengan kinerja guru SMA Negeri se Kabupaten Lombok Barat / Yudin Citriadin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Citriadin, Yudin. 2019. Hubungan Disiplin Kerja Guru, Lingkungan Kerja, Sikap Profesi Keguruan, Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru SMA Negeri Se Kabupaten Lombok Barat. Disertasi, Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., (II) Prof. Dr. H. Muhammad Huda AY, M.Pd., (III) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. Kata kunci: disiplin kerja, lingkungan kerja, sikap profesi, motivasi berprestasi, kinerja guru Guru merupakan faktor utama keberhasilan untuk memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik. Guru merupakan sosok panutan, baik di sekolah maupun di masyarakat. Eksistensi seorang guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan dan kesempurnaan dalam pengelolaan kelas secara profesional, selain itu seorang guru dituntut juga memiliki akuntabilitas dan terampil dalam memecahkan masalah. Seorang guru harus mampu menunjukkan kinerja yang tinggi dan memiliki tanggungjawab dalam menjalankan tugas sehari-hari. Berdasarkan pengalamannya, tidak sedikit guru dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya sebagai pendidik, menerima tanggapan dari masyarakat, dimana tugas seorang guru dinilai kurang menunjukkan kinerja yang profesional dan cenderung terbelenggu oleh sikap monoton dalam memposisikan dirinya sebagai pendidik. Pendidikan di Nusa Tenggara Barat khususnya di Lombok Barat saat ini menghadapi berbagai permasalahan, baik terkait persoalan displin kerja guru, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan, motivasi berprestasi, dan kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 401 guru pada 14 SMA Negeri dengan tingkat kesalahan 5%, jumlah sampel yaitu 186 guru-guru pegawai negeri sipil di Kabupaten Lombok Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel kluster. Analisis hubungan diantara empat variabel eksogen yaitu disiplin kerja guru, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan, motivasi berprestasi dan satu variabel endogen yaitu kinerja guru. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel tersebut adalah kuesioner dengan skala likert. Validitas instrumen menganalisis skor hubungan masing-masing item dengan skor total (menggunakan rumus Product Moment Correlation) dan uji reliabilitas instrumen (menggunakan rumus Alpha Cronbach). Teknik analisis data yang digunakan dalam model ini adalah model pemodelan persamaan struktural (SEM), dan perhitungan data dengan menggunakan perangkat lunak AMOS 20.00. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan disiplin kerja guru dengan lingkungan kerja, dengan nilai hasil analisis t-statistik (2,934) > t-tabel (1,960); (2) tidak terdapat hubungan disiplin kerja guru dengan motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (1,227) > t-tabel (1,960); (3) terdapat hubungan disiplin kerja guru dengan kinerja guru, dengan nilai hasil analisis t-statistik (3,540) > t-tabel (1,960); (4) terdapat hubungan signifikan antara sikap profesi keguruan dengan lingkungan kerja dengan nilai hasil analisis t-statistik (2,203) > t-tabel (1,960); (5) terdapat hubungan sikap profesi keguruan dengan motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (4,218) > t-tabel (1,960); (6) terdapat hubungan sikap profesi keguruan dengan kinerja guru, dengan nilai hasil analisis t-statistik (3,399) > t-tabel (1,960); (7) tidak terdapat hubungan lingkungan kerja dengan motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (0,352) < t-tabel (1,960); (8) tidak terdapat hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru, dengan nilai hasil analisis t-statistik (1,382) < t-tabel (1,960); (9) terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan kinerja guru, dengan nilai hasil analisis t-statistik (2,936) < t-tabel (1,960); (10) tidak terdapat hubungan disiplin kerja guru dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (1,078) < t-tabel (1,960); (11) terdapat hubungan sikap profesi keguruan dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (2,357) < t-tabel (1,960); (12) tidak terdapat hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru melalui motivasi berprestasi, dengan nilai hasil analisis t-statistik (0,328) < t-tabel (1,960); (13) pengujian hipotesis tentang model hubungan struktural disiplin kerja, sikap profesi keguruan memiliki hubungan positif dengan lingkungan kerja. Persamaan yang terbentuk terhadap hubungan antara variabel disiplin kerja, sikap profesi keguruan memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi, sedangkan lingkungan kerja memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi. Persamaan yang terbentuk terhadap hubungan antara variabel disiplin kerja, sikap profesi keguruan, lingkungan kerja, motivasi berprestasi memiliki hubungan dengan kinerja guru. Secara parsial atau sendiri-sendiri (disiplin kerja, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan, motivasi berprestasi) memiliki hubungan pada kinerja guru melalui disiplin kerja, lingkungan kerja, sikap profesi keguruan dan motivasi berprestasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja guru. Persamaan yang terbentuk terhadap hubungan antara variabel disiplin kerja, sikap profesi keguruan memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi, sedangkan lingkungan kerja memiliki hubungan dengan motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115303

Actions (login required)

View Item View Item