Manajemen pembelajaran berbasis saintifik-religius di taman kanak-kanak (studi multi situs pada TK Sabilal Muhtadin, TK Ukhuwah, dan TK Nurul Fikri Banjarmasin) / Novitawati

Novitawati (2019) Manajemen pembelajaran berbasis saintifik-religius di taman kanak-kanak (studi multi situs pada TK Sabilal Muhtadin, TK Ukhuwah, dan TK Nurul Fikri Banjarmasin) / Novitawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitawati, 2018, Manajemen Pembelajaran Berbasis Saintifik-Religius Di Taman Kanak Kanak ( Studi Muti Situs di Taman Kanak Kanak (TK) Sabilal Muhtadin, TK Ukhuwah dan TK Nurul Fikri Banjarmasin). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr.Hj. Nurul Ulfatin, M.Pd, (II) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd., dan (III) Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, saintifik-religius, Taman Kanak Kanak Perkembangan sekolah mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan jenjag menengah yang berbasis religi akhir-akhir ini berkembang pesat, dikarenakan kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah yang sarat dengan pendidikan agama. Sekolah dengan basis religi ini berusaha memberikan muatan selain materi berkenaan dengan pengetahuan umum tetapi juga banyak memberikan materi agama yang lebih banyak dibandingkan sekolah umum.Salah satu yang sedang marak digalakkan adalah TK. Anak dalam masa usia dini merupakan masa yang potensial untuk dikembangkan dimana semua aspek perkembangan yang mereka miliki sedang terbuka untuk diberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usia mereka. Anak adalah sosok yang perlu dan menjadi masa krisis untuk dikembangkan segala potensi yang dimilikinya. Pembelajaran dengan basis saintifik-religius menjadi satu pendekatan yang tepat guna mengembangkan potensi anak dengan optimal. Untuk itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran di TK yang berbasis saintifik-religius. Fokus penelitiannya sebagai berikut: (1) karakteristik pembelajaarn saintifik di TK, (2) karakteristik pembelajaran religius di TK, (3) perencanaan pembelajaran saintifik-religius di TK, (4) pengorganisasian pembelajaran saintifik-religius di TK, (5) evaluasi pembelajaran saintifik-religius di TK dan (6) sumber belajar pembelajaarn saintifik-religius di TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi multi situs di tiga lokasi penelitian yaitu TK Sabilla Muhtadin Banjarmasin, TK Ukhuwah Banjaramsin, dan TK Nurul Fikri Banjarmasin. Tehnik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan dokumen. Dengan analisis data menggunakan tehnik kualitatif interaktif untuk situs individu dan induksi analitis untuk multi situs. Temuan dalam penlitian ini pertama, karakteristik pembelajaran saintifik menggunakan kurikulum PAUD 2013, Kurikulum Domain dan kurikulum JSIT yang diimplikasikan dalam pembelajaran sentra. Kedua: karateristik pembelajaran religiusnya mengaktifkan anak untuk terlibat dalam pembelajaran, melalui keteladanan, pembiasaan dan pembentukan lingkungan dengan budaya religi, Ketiga perencanaan di awal tahun menentukan program tahunan, semesteran, bulanan, tema, kalender akademik dan perayaan hari besar islam. Keempat, pengorganisaisn, guru membuat RPPH dan Lesson Plan. Kelima, evaluasi dilakukan setiap hari, setiap hari sabtu dan setiap akhir semester, sumber belajar pembelajaran dengan basis religius adalah indoor yaitu kelas dan sentra, outdoor adalah halaman kelas, masjid, dan lingkungan seputar sekolah, serta outing mendatangi bandara udara, pelabuhan dan musium. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada: (1) kepala TK, diharapkan agar tiada henti mengembangkan pembelajaran berbasis saintifik- religius dengan menginovasi hasil-hasil penelitian dalam peningkatan mutu pembelajaran, (2) Guru, disarankan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai informasi baru, evaluasi dan perbaikan serta pengembangan pembelajaran berbasis saintifik-religius dengan karakteristik kePAUDan, (3) Dinas Pendidikan Bidang PAUD dan Dikmas, disarankan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan atau sumber pengembangan pembelajaran berbasis saintifik-religius melalui diklat, workshop dan pengembangan profesional lain bagi guru dan kepala PAUD di wilayahnya, (4) bagi orang tua dan pemerhati pendidikan, disaranakan untuk selektif di dalam memilih Lembaga TK bagi Pendidikan anak, terutama yang pembelajarannya berbasis saintifik-religius guna mempersiapkan anak murid dalam menghadapi revolusi industry 4.0, (5) lembaga mitra TK , dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk turut mengembangkan pembelajaran di TK berbasis saintifik-religius dengan mengadakan workshop atau pelatihan di lingkungan GOPTKI, IGTKI dan HIMPAUDI, (6) peneliti selanjutnya dapat memperdalam pembelajaran saintifik-religius dengan tinjauan yang berbeda dan atau meneliti manajmen pembelajaran ditinjau dari fokus yang lain, atau menggunkan metode yang berbeda seperti Penelitian Tindakan Kelas atau Penelitian Tindakan Sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115302

Actions (login required)

View Item View Item