Partisipasi masyarakat suku Dayak Ma'anyan dalam penyelenggaraan pendidikan SMA (studi multi situs di SMAN-1 Benua Lima, SMAN-1 Tamiang Layang, SMAN-1 Dusun Tengah) / Eshariyani

Eshariyani (2019) Partisipasi masyarakat suku Dayak Ma'anyan dalam penyelenggaraan pendidikan SMA (studi multi situs di SMAN-1 Benua Lima, SMAN-1 Tamiang Layang, SMAN-1 Dusun Tengah) / Eshariyani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eshariyani, 2018. Partisipasi Masyarakat Suku Dayak Ma’anyan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA (Multisitus di SMAN 1 Benua Lima, SMAN 1 Tamiyang Layang, SMAN Dusun Tengah).Disertasi Manajemen Pendidikan, Program Study Manajemen Pendidikan, Pascasarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Inyoman Sudana Degeng, M.Pd, (II) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd., M.Si, (III) Dr.Achmad Supriyanto, M. Pd., M.Si Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Suku Dayak Ma’anyan, penyelenggraan, SMA Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, lembaga sekolah, dan masyarakat.Tanpa dukungan masyarakat, pendidikan tidak akan berhasil dengan maksimal. Peran komite sekolah yang merupakan wakil masyarakat, menyembatani sekolah untuk mendapat dukungan dalam meningkatkan prestasi siswa dan prestasi sekolah dari berbagai lapisan sosial ekonomi dalam masyarakat suku Dayak Ma’anyan, mengingat pentingnya kesadaran masyarakat memberikandukungan sumber daya, dan sumber dana dalam penyelenggaraan pendidikan. Penulisan ini bertujuan mengungkap lebih mendalam tentang Partisipasi Masyarakat suku Dayak Ma’anyan Dalam Penyelenggaraan Pendidikan SMA. Fokus penelitian ini ada 3 hal yaitu: pertama, pandangan suku Dayak Ma’anyan terhadap penyelenggaraan pendidikan SMA,Kedua, wujud partisipasi masyarakat meliputi: (1) sumbangan tenaga atau fisik, (2) sumbangan ide atau pemikiran, (3)sumbangandana, dan(4)sumbangan moral, Ketiga, faktor pendukung partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan SMA yang meliputi: (a) Nilai-nilai kearifan lokal budaya daerah suku Dayak Ma’anyan, (b) Hambatan PartisipasiMasyarakat. Metode penelitian kualitatif merupakankan pendekatan fenomenologi. Desain penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan multisitus yang melibatkan tiga SMA di Kabupaten Barito Timur Provinsi kalimanatan Tengah Indonesia.Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumen. Analisis data melalui 4 tahapan yaitu: Pengumpulan data, kondensasi data, mode data, dan memverifikasi kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitupertama,meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan berdasarkan: (1) Budaya: status sosial adanyat ransfikasi sosial yang menempatkan tingkat sosial dimasyarakat, (2) Geografis: Mengingat daerah Barito Timur wilayah pemekaran ada peluang untuk memperoleh pekerjaan sebagai PNS maupun sebagai tenaga kontrak pada instansi pemerintahan, dengan kualifikasi pendidikan terendah SMA, peluang menjadi karyawan tambang batu bara, perkebunan kelapa sawit, dan perkebunan karet, maka persaingan pekerjaan semakin ketat,kedua, makin meningkatnya dukungan orang tua berdasarkan kebutuhan pendidikan SMA. Upaya meningkatnya tanggung jawab orang tua atau masyarakat dan keikutsertaan dukungan dari perusahaan batu bara dalam penyelenggaraan pendidikan di SMA. Melibatkan masyarakat yang pendidikan rendah maupun yang berpendidikan tinggi untuk mendukungan menciptakan kondisi transparansi, demokrasi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan keuangan. Rendahnya aspirasi, kritik maupun saran orang tua terhadap program sekolah namun kepala berupaya meningkatkan hubungan komunikasi dengan orang tua dengan mengundang pada rapat dinas sekolah. Dalam memperingati hari besar nasional maupun keagamaan, sekolah melibatkan unsur-unsur Muspida, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan orang tua. Partisipasi masyarakat suku Dayak Ma’anyan menciptakan kejujuran, kedisiplinan, bertanggung jawab, dan keteladanan merupakan pesan moral dari adat turun temurun yang terjadi di dalam masyarakat. Faktor -faktor pendukung, Pertama, internal: Dinas pendidikan memberikan solusi untuk menanggulangi kekurangan keuangan dari dana BOS melalui Edaran Kepala Dinas Provinsi Kalteng Nomor: 442/1756/ Disdik/VI/2018 tentang SIPUNGUT, kurang mendapat respon yang positif dari kepala sekolah dan masyarakat karena lemahnya payung hukum pada surat edaran tersebut, juga bertentangan dengan Permendikbud nomor 75 tahun 2016. Kedua, eksternal: kearifan lokal budaya daerah suku Dayak Ma’anyan, bisa menumbuhkan kesadaran partisipasi masyarakat dari tokoh-tokoh terdahalu menjadi panutan bagi generasi muda. Hambatan yang berkaitan dengan partisipasi masyarakat yaitu masyarakat beranggapan bahwa pendidikan SMA menjadi tanggungjawab pemerintah. Mengatasi kendalam (a)m Menjalin komunikasi dengan masyarakat atau orang tua secara riguler, (b) Mengadakan kegiatan yang melibatkan orang tua,(c) Memanfaatkan tenaga kerja (guru tidak tetap dan ketenagaan pendidikan lainnya) (e) Melibatkan orang tua atau masyarakat dalam pengambilan keputusan. Saran-saran: Pertama, kepala SMA, memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai, (a) bahan evaluasi, (b) meningkatkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat, (c) meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik dari proses pembelajraan, (d) penggunaan dana BOS dan iuran pungutan dilaporkan lebih transparan dan akuntabel kepada stakeholder. kedua, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, perlu memperhatikan sarana prasarana di sekolah, Surat Edaran Sipungutan supaya disyahkan oleh DPRD dan dimuat dalam Perda sehingga dana dari Sipungutan yang bertentangan dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat maupun kepada pemerintah, ketiga, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, perlu memperhatikan dana pendidikan demi peningkatan mutu didaerah pemekaran, keempat, Peneliti lainnya diupayakan dapat menjadi insfirasi dan referensi tentang partisipasi suku Dayak Ma’anyan dalam cakupan yang lebih mendalam dan lebih luas lagi dengan menggunakan pendekatan yang sama atau yang berbada, kelima, Pengembangan ilmu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan informasi untuk pengembangan manajemen partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115301

Actions (login required)

View Item View Item