Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Ririn Alfiana Dewi

Dewi, Ririn Alfiana (2019) Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang / Ririn Alfiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, Ririn Alfiana. 2018. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara SiswiKelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr.Yusuf Hanafi, M.Fil.I (2) Dr. Muhammad Alfan, M.Pd Kata Kunci: keterampilan berbicara, gambar berseri, MTs Surya Buana Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana cara penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi dan bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbiacara siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dan peningkatan keterampilan berbicara mereka. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui presentase peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab setelah tindakan dengan menggunakan media gambar berseri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media gambar berseri dapat dilaksanakan dengan tiga langkah yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. (2) Peningkatan keterampilan berbicara siswi melalui penggunaan media gambar berseri dapat diperoleh dari nilai keterampilan berbicara siswi dan penilaian kompetensi sikap siswi selama proses belajar mengajar. Pada siklus I kemampuan berbicara siswi kelas VII C masih rendah dan belum mencapai SKM (Standart Ketuntasan Minimum), pada siklus II kemampuan berbicara siswi dikategorikan meningkat dengan kriteria baik dan sudah mencapai SKM. Sedangkan hasil kompetensi sikap siswi pada siklus I dapat dikategorikan masih rendah, dan pada siklus II dapat dikategorikan meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswi kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item