Analisis soal latihan dalam buku teks Nahwu Wadlih jilid 1 / Azharul Umam Rizqo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal latihan dalam buku teks Nahwu Wadlih jilid 1 / Azharul Umam Rizqo

Rizqo, Azharul Umam (2018) Analisis soal latihan dalam buku teks Nahwu Wadlih jilid 1 / Azharul Umam Rizqo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Rizqo Azharul Umam. 2017. Analisis Soal Latihan dalam Buku Teks Nahwu Wadhih Jilid 1 untuk Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. H. Moh. Khasairi M. Pd. pembimbing II Dr. Ahmad Munjin Nasih M. Ag. kata kunci soal latihan buku teks nahwu wadhih jilid 1. Soal latihan merupakan komponen penting yang terdapat dalam buku teks. Keberadaan soal latihan berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran terutama dalam hal peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran serta pengukuran kemampuan siswa terhadap pelajaran. Oleh sebab itu kajian terhadap soal latihan penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa aspek evaluasi yang berkaitan dengan 1) pendekatan tes bahasa 2) jenis soal berdasarkan bentuk jawaban dan 3) tingkat kognitif soal berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan teknik kuantitatif. Buku yang dianalisis adalah buku teks Nahwu Wadhih Jilid 1 karangan Ali Al-Jarim dan Musthofa Amin. Instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri sebagai instrumen utama serta dibantu dengan panduan analisis berupa tabel pengumpul data. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut. Persentase pendekatan tes bahasa (1) pendekatan tes integratif sebesar 92 39% dan (2) pendekatan tes pragmatik sebesar 7 61%. Jenis soal latihan tidak variatif dan hanya didominasi oleh soal objektif. Berikut adalah persentase dari jenis soal berdasarkan bentuk jawabannya (1) soal subjektif sebesar 99 02% dan (2) soal objektif sebesar 0 98%. Tingkat kognitif soal latihan tidak merata antara bab satu dengan bab yang lainnya hal tersebut bisa dilihat dari persentase berikut ini (1) tingkat kognitif C1 0% (2) tingkat kognitif C2 sebesar 10 44% (3) tingkat kognitif C3 sebesar 36 58% (4) tingkat kognitif C4 sebesar 7 71% (5) tingkat kognitif C5 0% dan (6) tingkat kognitif C6 sebesar 45 27%. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut. Kepada pemakai buku Nahwu Wadih Jilid 1 hendaknya selektif dalam memilih buku teks terutama dalam hal pendekatan tes bahasa jenis soal yang lebih seimbang dan tingkat kognitif soal yang sesuai sebagaimana yang telah dibahas dalam penelitian ini. Bagi penulis buku selanjutnya hendaknya memperhatikan persentase yang lebih seimbang terutama dalam hal pendekatan tes bahasa jenis soal dan tingkat kognitif soal. Adapun peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji dan meneliti aspek lain dari penelitian ini terutama dari segi dampak penggunaan pendekatan tes integratif dan pragmatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item