Analisis soal latihan dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X SMA/MA terbitan Yrama Widya/ Wahidya Meidella Sani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal latihan dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X SMA/MA terbitan Yrama Widya/ Wahidya Meidella Sani

Sani, Wahidya Meidella (2018) Analisis soal latihan dalam buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X SMA/MA terbitan Yrama Widya/ Wahidya Meidella Sani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sani Wahidya Meidella. 2018. Analisis Soal latihan dalam Buku Teks Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas X Terbitan Yrama Widya. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kholisin M.Hum. (II) Moh. Ahsanuddin S.Pd. M.Pd. Kata Kunci buku teks soal latihan jenis tes pendekatan tes Evaluasi pada akhir pembelajaran diperlukan agar guru mengetahui ketercapaian tujuan yang telah ditentukan. Evaluasi berhubungan erat dengan soal latihan yang ada dalam buku teks. Soal latihan yang baik hendaknya memiliki pendekatan yang jelas minim objektifitas dalam penilaian serta sesuai dengan kompetensi dasar yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pendekatan tes yang digunakan pada soal latihan dalam buku teks Bahasa dan Sastra Arab Kurikulum 2013 Kelas X SMA/MA Terbitan Yrama Widya. (2) jenis tes berdasarkan cara penskoran yang digunakan pada soal latihan dalam buku teks tersebut (3) kesesuaian soal latihan dan kompetensi dasar yang terdapat dalam buku teks. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini dipilih karena penulis akan mendeskripsikan data yang ditemukan dalam penelitian. Akan tetapi untuk mengetahui frekuensi data yang muncul digunakan rumus penelitian kuantitatif agar lebih mudah dalam penyebutannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal latihan yang terdapat dalam buku teks Buku Teks Bahasa dan Sastra Arab Kurikulum 2013 Kelas X SMA/MA Terbitan Yrama Widya yang terbit pada tahun 2016. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan buku teks bahasa Arab kurikulum 2013 kelas X terbitan Yrama Widya hanya menerapkan dua ragam pendekatan tes yaitu pendekatan tes diskret dan integratif. Pendekatan tes diskret sebesar 49 9% atau 464 butir soal sedangkab pendekatan tes integratif sebesar 50 1% atau 465 butir soal. Kedua jenis soal berdasarkan teknik penskoran terdapat dua yakni objektif dan subjektif dengan persentase 31 43% dan 68 46%. Objektifitas perlu dipertahankan dalam menilai namun peningkatan kemampuan eksplorasi siswa dalam menjawab soal subjektif juga dibutuhkan. Ketiga kesesuaian soal latihan dalam buku teks dengan kompetensi dasar hanya 67 92%. Sedangkan sisanya tidak memenuhi kriteria karena tidak sesuai dengan tema yang harus dikuasai siswa dalam kompetensi dasar. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai semaksimal mungkin sebaiknya penulis buku teks kembali melihat kompetensi dasar yang sedang berlaku sebelummenerbitkan bukunya. Lebih baik jika guru melakukan pengecekan dasar dalam memilih buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya yang berminat untuk meneliti soal latihan silahkan menganalisis butir soal lebih jauh tentang validitas reabilitas dan tingkat kesukaran untuk menguatkan pertimbangan dalam memilih buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item