Analisis fonetis kata-kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab / Laila Zumzumi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis fonetis kata-kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab / Laila Zumzumi

Zumzumi, Laila (2018) Analisis fonetis kata-kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab / Laila Zumzumi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Zumzumi Laila. 2018. Analisis Fonetis Kata-Kata Serapan Bahasa Indonesia dari Bahasa Arab. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Kholisin M.Hum. (II) Dr. Yusuf Hanafi M.Fil.I. Kata kunci analisis fonetis kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab Fonetik adalah disiplin ilmu yang membahas tentang bunyi bahasa tanpa menghiraukan maknanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mendeskripsikan bentuk perubahan fonetis pada kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab dan (2) mendeskripsikan proses perubahan fonetis pada kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia (Badudu 2003) Kamus Kata Serapan (Martinus 2001) Buku berjudul Kaidah Bahasa Indonesia (Muljana 1969) dan internet diakses pada 18 Januari 2018 (http //bahasaindonesiaanna.blogspot.com/2010/05/kata-serapan-bahasa-indonesia-dari.html). Data penelitian ini adalah kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab yang mengalami perubahan bunyi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama. Tahapan analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) Pengumpulan data dan pengecekan (2) Reduksi data (3) Penyajian data dan (4) Penyimpulan. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bunyi-bunyi pada kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Arab yang mengalami perubahan fonetis sebanyak 16 bunyi. Bunyi-bunyi tersebut adalah [ ] [ts] [ch] [kh] [d] [dz] [z] [sy] [sh] [dl] [th] [dh] [ ] [gh] [f] dan [q]. Setiap bunyi ada yang mempunyai satu bentuk perubahan atau lebih. Jadi total perubahan bunyi yang terjadi sebanyak 21 macam bunyi. Kedua proses perubahan bunyi terjadi berdasarkan lima kategori yaitu (1) perpindahan titik artikulasi (2) perubahan cara artikulasi (3) berdasarkan kebersuaraan (4) eliminasi empatik dan (5) pelesapan bunyi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disampaikan beberapa saran sebagai berikut. Pertama bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai perubahan fonetis kata serapan dari bahasa Arab. Kedua bagi dosen dan mahasiswa jurusan sastra Arab untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi tambahan khususnya mata kuliah fonologi (ilmu ashwat). Ketiga bagi para pembaca diharapkan hasil penelitian dapat menambah khazanah keilmuan tentang asal kata proses dan bentuk perubahan bunyi kata serapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11512

Actions (login required)

View Item View Item