Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar maharah qiraÔÇÖah siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang / Andini Aulia Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar maharah qiraÔÇÖah siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang / Andini Aulia Rohmah

Rohmah, Andini Aulia (2018) Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar maharah qiraÔÇÖah siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang / Andini Aulia Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Rohmah Andini Aulia. 2018. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Qira ah Siswa Kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Muhaiban. (II) Laily Maziyah S. Pd. M. Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing qira ah hasil belajar Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang diajarkan di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Setiap bahasa mempunyai karakteristik dan aturan-aturan tertentu termasuk bahasa Arab. Dalam mempelajari bahasa Arab siswa tidak dapat dipisahkan dari upaya penguasaan empat keterampilan berbahasa yaitu ketarampilan menyimak (maharah istima ) keterampilan berbicara (maharah kalam) keterampilan membaca (maharah qira ah) dan keterampilan menulis (maharah kitabah). Salah satu SMP/MTs swasta di kota Malang yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab adalah MTs Nurul Huda Malang. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Arab MTs Nurul Huda diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan terbatas metode ceramah dan gramatika-terjemah (qawaid wa tarjamah). Selain itu diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan membaca (maharah qira ah). Berdasarkan informasi dan kesulitan tersebut peneliti memilih keterampilan membaca bahasa Arab (maharah qira ah) sebagai keterampilan yang ingin ditingkatkan. Selain itu dengan ditingkatkannya keterampilan tersebut diharapkan siswa dapat terbantu untuk memahami materi-materi pelajaran agama Islam. Terdapat berbagai macam model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengatasi berbagai problematika yang dihadapi dalam pembelajaran. Salah satu model tersebut adalah model inkuiri. Model inkuiri terdiri dari tiga macam yaitu model inkuiri terbimbing model inkuiri bebas dan model inkuiri bebas yang dimodifikasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing. Model inkuiri terbimbing adalah model pembelajaran yang menuntut guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu dan mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah atau memahami materi yang dipelajari secara mandiri. Alasan pemilihan model tersebut dikarenakan model tersebut merupakan model inkuiri yang lebih sederhana dan lebih mudah diterapkan terutama bagi siswa yang belum pernah mengikuti pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab (maharah qira ah) siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab (maharah qira ah) siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur PTK yang digunakan dalam setiap siklusnya meliputi (1) viii identifikasi masalah (2) perencanaan (3) tindakan (4) observasi (5) analisis data (6) refleksi dan (7) perencanaan ulang. Hasil penelitian ini berupa deskripsi penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab (maharah qira ah) siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Adapun langkah model pembelajaran ini terdiri dari (1) orientasi (2) penyajian masalah (3) mengajukan hipotesis (4) eksplorasi (5) analisis isi bacaan dan (6) penutup. Pada siklus 1 peneliti tidak melakukan langkah orientasi dan penutup. Sementara pada siklus 2 peneliti telah melakukan semua langkah. Selain itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar keterampilan membaca bahasa Arab (maharah qira ah) siswa kelas VII-B MTs Nurul Huda Malang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang terus meningkat pada setiap siklusnya. Pada tes sebelum siklus (pre-test) nilai rata-rata kelas mencapai 65. Selanjutnya nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada tes akhir siklus I (post-test 1) menjadi 70 3 dan pada tes akhir siklus II (post-test 2) nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan menjadi 83 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item