Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Kabupaten Ngawi / Rosita Putri Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Kabupaten Ngawi / Rosita Putri Rohmawati

Rohmawati, Rosita Putri (2018) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di MTs Kabupaten Ngawi / Rosita Putri Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Rohmawati Rosita Putri 2018. Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Kabupaten Ngawi. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra UM. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati M.Pd (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I Kata Kunci pemetaan pembelajaran bahasa Arab madrasah tsanawiyah kabupaten Ngawi Berdasarkan data BANSM nilai akreditasi MTs di kabupaten Ngawi cukup variatif. Salah satu poin standar akreditasi sekolah menurut BANSM ialah nilai rata-rata hasil belajar siswa termasuk nilai mata pelajaran bahasa Arab bagi lembaga madrasah. Untuk mendorong siswa mencapai nilai yang baik seorang guru harus merancang perencanaan pelaksaaan maupun penilaian pembelajaran secara tepat dan efektif. Berdasarkan latar belakang masalah di atas hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan pemetaan pembelajaran bahasa Arab di MTs kabupaten Ngawi sehingga tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran bahasa Arab di MTs kabupaten Ngawi. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Penyebaran angket berfungsi untuk memperoleh data yang mencukupi berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab sedangkan wawancara dilakukan apabila terdapat jawaban yang kurang jelas dari angket. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tiga tahapan yakni (1) tahap persiapan (2) tahap tabulasi dan (3) tahap penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs kabupaten Ngawi sudah baik seluruh MTs di Ngawi telah menerapkan K13 dan sebagian besar guru telah menyusun RPP sesuai silabus dan ketentuan pemerintah (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTs kabupaten Ngawi cukup baik masih ada guru yang belum menerapkan pendekatan saintifik tetapi menggunakan pendekatan kontekstual metode pembelajaran yang digunakan cukup variatif seluruh guru menggunakan media dalam pembelajaran dan menggunakan buku teks dari Kemenag (3) penilaian pembelajaran bahasa Arab di MTs kabupaten Ngawi sudah baik guru-guru lebih sering melaksanakan penilaian formatif setiap akhir topik dan hampir seluruh guru menilai seluruh aspek kemampuan bahasa Arab dengan bentuk tes yang cukup variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item