Permainan kotak dan kartu misterius untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Satu Atap Kebon Dalem Lamongan / Ali Za'faroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan kotak dan kartu misterius untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Satu Atap Kebon Dalem Lamongan / Ali Za'faroni

Za'faroni, Ali (2018) Permainan kotak dan kartu misterius untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Satu Atap Kebon Dalem Lamongan / Ali Za'faroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Za faroni Ali. 2018. Permainan Kotak dan Kartu Misterius untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs-Satu Atap Kebon Dalem Lamongan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Drs. Muhaiban (2) Dra. Nur Anisah Ridwan M.Pd. Kata Kunci permainan Kokami teknik permainan dan penguasaan kosakata. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem Lamongan diketahui bahwa selama ini guru mengajar kosakata bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran ceramah dan terjemah. Hal ini dinilai kurang dalam hal menarik minat dan semangat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan permaianan Kokami untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem Lamongan dan (2) peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem lamongan dengan menggunakan permainan Kokami. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) wawancara (3) observasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan permainan Kokami untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II permasalahan tersebut dapat diperbaiki kembali siswa menjadi lebih tertib dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari segi peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab diketahui bahwa hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan pretest dan post test didapatkan peningkatan nilai rata-rata hasil pretest dan post test I belum mencapai SKM sedangkan post test II nilai sudah mengalami peningkatan dan melebihi nilai SKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitin di atas disarankan kepada guru bahasa Arab MTs-SA Kebon Dalem Lamongan untuk menggunakan permainan Kokami sebagai salah satu variasi media dalam mengajarkan kosakata bahasa Arab. Dan terakhir untuk peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian tentang penggunan permainan Kokami pada keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item