Pengaruh gubahan tandur dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep dan keterampilan gerak / Setyo Harmono

Harmono, Setyo (2019) Pengaruh gubahan tandur dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep dan keterampilan gerak / Setyo Harmono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harmono, Setyo. 2019. Pengaruh Gubahan Tandur dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Gerak. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Ed., M.Pd. (3) Dr. H. Sulton, M.Pd. Kata Kunci: strategi pembelajaran, gubahan tandur, quantum, langsung, pema-haman konsep, keterampilan gerak, sepakbola. Strategi pembelajaran merupakan suatu metode dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan mata pelajaran serta materi yang hendak disampaikan. Pembelajaran Quantum merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar situasi belajar. Keberhasilan peserta didik dalam belajar tidak terlepas dari gaya belajar. Mengidentifikasi gaya belajar sendiri tidak menjadikan peserta didik lebih cerdas, akan tetapi dengan mngenal gaya belajar murid akan dapat memilih cara yang tepat untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran quantum dan peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) Perbedaan keterampilan gerak antara peserta didik yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran quantum dan peserta didik yang mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran langsung; 3) Perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik dengan gaya belajar visual, peserta didik dengan gaya belajar auditorial, dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik; 4) Perbedaan keterampilan gerak antara peserta didik dengan gaya belajar visual, kelompok peserta didik dengan gaya belajar auditorial, dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik; 5) Pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep; dan 6) Pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan gerak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent factorialised control group design faktorial 2x3. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Kediri dan SMA Negeri 8 Kediri yang berjumlah 137 orang. Variabel bebas pada penelitian ini memiliki dua dimensi, yaitu: 1) strategi pembelajaran quantum; dan 2) strategi pembelajaran langsung. Variabel moderator adalah variabel gaya belajar yang memiliki tiga dimenasi, yaitu: 1) visual; 2) auditorial; dan 3) kinestetik. Variabel terikat pada penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keterampilan gerak. Instrumen penelitian terdiri dari angket gaya belajar, soal tes pemahaman konsep dan tes keterampilan gerak. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analisys of Variance. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5% (a=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran quantum dan peserta didik yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung; 2) ada perbedaan keterampilan gerak antara peserta didik yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran quantum dan peserta didik yang mendapat perlakuan strategi pembelajaran langsung; 3) ada perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik dengan gaya belajar visual, kelompok peserta didik dengan gaya belajar auditorial, dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik; 4) ada perbedaan keterampilan gerak antara peserta didik dengan gaya belajar visual, kelompok peserta didik dengan gaya belajar auditori, dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik; 5) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep; dan 6) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan gerak. Saran yang dapat diberikan untuk peneliti selanjutnya sebagai berikut: 1) penelitian dapat dikembangkan lebih lanjut dengan melibatkan subjek lebih luas dan variatif; 2) Menambahkan variabel lain sehingga hasil penelitian menjadi variatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115045

Actions (login required)

View Item View Item