Pengaruh pembelajaran Cooperative Integrated Reding and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks pada siswa yang memiliki self-regulated learning berbeda / Mutiarani Pionera

Pionera, Mutiarani (2020) Pengaruh pembelajaran Cooperative Integrated Reding and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks pada siswa yang memiliki self-regulated learning berbeda / Mutiarani Pionera. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pionera, Mutiarani. 2019.Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Teks pada Siswa yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda.Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran, Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (2) Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (3) Prof. Dr.H. Punadji Setyosari,M.Pd.,M.Ed. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, keterampilan menulis, self-regulated learning. Dalam pembelajaran, terdapat beragam metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis, salah satunya metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode ini dilakukan dalam kegiatan belajar kelompok atau berpasangan untuk mengaktivasi siswa dalam berdiskusi dan bertanggung jawab atas penyelesaian tugas serta pencapaian hasil belajar dengan mengintegrasikan keterampilan membaca dan menulis dalam satu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas implementasi CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa yang memiliki self-regulated learning berbeda pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2 dan termasuk dalam penelitian kuasi dengan melibatkan siswa kelas VII semester I MTsN-1 Palangkaraya, Kalimantan Tengah sebagai subjeknya. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 80 orang dari dua kelas yang berbeda pada tahun ajaran 2018/2019. Perolehan data dari dua kelas tersebut dilakukan secara acak (cluster random sample). Peneliti menggunakan teknik ANOVA 2 jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil pengujian membuktikan bahwa (1) metode CIRC yang diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris mampu meningatkan keterampilan menulis siswa jika dibandingkan dengan metode Picture Word Inductive Model (PWIM), (2) keterampilan menulis bahasa Inggris pada siswa dengan self-regulated learning rendah terbukti lebih baik dibandingkan siswa dengan self-regulated learning tinggi, (3) interaksi self- regulated learning dengan metode pembelajaran terbukti mempengaruhi keterampilan siswa dalam menulis teks bahasa Inggris. Metode pembelajaran CIRC berbasis self-regulated learning direkomendasikan untuk diimplementasikan sebagai metode pembelajaran dalam peningkatan keterampilan menulis siswa. Ssecara spesifik, peneliti menyimpulkan bahwa CIRC merupakan metode pembelajaran yang efektif diterapkan bagi siswa dengan self-regulated learning tinggi maupun rendah dalam upaya meningkatkan keterampilan menulisnya

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115044

Actions (login required)

View Item View Item