Pemetaan pembelajaran bahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare Kediri / Indah Sajarotul Ilmi

Ilmi, Indah Sajarotul (2018) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare Kediri / Indah Sajarotul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ilmi, Indah Sajarotul. 2018. Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab pada Lembaga Kursus di Kampung Bahasa Pare Kediri. Skripsi. Jurusan Satra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Khasairi, M.Pd., dan (2) Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: lembaga kursus, pembelajaran bahasa Arab, pemetaan. Lembaga kursus bahasa Arab adalah lembaga nonformal yang menyediakan pembelajaran bahasa Arab dengan kelebihan waktu pembelajaran relatif singkat karena kompetensi yang dipelajari lebih spesifik dan mengutamakan praktik daripada teori. Kampung Bahasa Pare adalah salah satu tempat rujukan belajar bahasa karena berdiri ratusan lembaga kursus bahasa asing berkualitas termasuk bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peta pembelajaran bahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tujuan, (2) materi, (3) strategi, (4) media dan (5) evaluasi pembelajaran bahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari sepuluh lembaga kursus bahasa Arab. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket serta pedoman wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data sesuai pendekatan penelitian yaitu deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa (1) tujuan pembelajaran terdiri atas penguasaan empat kemampuan berbahasa Arab Fusha, salah satu dari empat kemampuan berbahasa terutama kemampuan kalam, tata bahasa, kitab kuning, bahasa Arab ÔÇÿAmiyah, penerjemahan, dan ilmu Balaghah serta; (2) mayoritas lembaga menyusun buku pembelajaran sendiri. Materi pembelajaran istimaÔÇÖ, kalam dan kitabah mayoritas adalah seputar tema kegiatan sehari-hari. Sementara dalam pembelajaran qiraÔÇÖah diajarkan materi-materi pilihan dari kitab keagamaan; (3) strategi pembelajaran yang digunakan mayoritas lembaga adalah pembelajaran aktif. Sedangkan dalam pembelajaran qawaid mayoritas menggunakan strategi deduktif (qiyasiy); (4) mayoritas lembaga menggunakan media audio berupa MP3, media visual berupa benda-benda nyata dan media audio-visual berupa VCD serta dilengkapi dengan maskan sebagai media pemerolehan bahasa dan (5) evaluasi yang digunakan responden terdiri atas tes sumatif, formatif dan tes penempatan berbentuk tes lisan dan tes tulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item