Penerapan model pembelajaran "talking stick" untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar / Okta Wahyu Solichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran "talking stick" untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar / Okta Wahyu Solichah

Solichah, Okta Wahyu (2018) Penerapan model pembelajaran "talking stick" untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar / Okta Wahyu Solichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Solichah Okta Wahyu. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Munjin Nasih M.Ag. (II) Laily Maziyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci model talking stick kualitas proses hasil belajar kosakata bahasa Arab Kosakata merupakan salah satu unsur kebahasaan yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah guna menunjang empat kemahiran berbahasa yaitu menyimak (istima ) berbicara (kalam) membaca (qira ah) dan menulis (kitabah). Dari studi pendahuluan di MTsN Langkapan Srengat diketahui banyak siswa yang lemah ingatannya terhadap kosakata bahasa Arab (mufradat) yang telah dipelajari. Oleh karena itu guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab agar siswa mudah mengingat dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran talking stick. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar dengan menerapkan model pembelajaran talking stick (2) peningkatan kualitas proses dan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar setelah dilaksanakan pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan menerapkan model pembelajaran talking stick. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini guru pengampu bahasa Arab kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar bertindak sebagai observer sedangkan peneliti bertindak sebagai guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B MTsN Langkapan Srengat Blitar dengan menerapkan model pembelajaran talking stick terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar siswa sudah memahami materi yang diajarkan dan mampu menjawab pertanyaan guru. Peningkatan kualitas proses dilihat dari respon siswa yang semakin baik berani dalam bertanya atau mengemukakan pendapat partisipasi siswa dalam pembelajaran yang semakin aktif siswa tidak mudah mengantuk dan motivasi atau semangat siswa dalam pembelajaran yang semakin meningkat. Peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII B meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran talking stick. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pre-test post-test 1 dan post-test 2 yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pre-test yaitu 70 dari 20 siswa (58 8%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) (75). Nilai rata-rata siklus I yaitu 86 dari 31 siswa (91%) mencapai KKM. Nilai rata-rata siklus II yaitu 89 dari 34 siswa (100%) mencapai KKM. Peningkatan nilai rata-rata post-test 1 ke post-test 2 hanya sebesar 3% karena model pembelajaran talking stick hanya diterapkan pada kelompok besar saja. Selain itu waktu yang terbatas pada penelitian vi ini berpengaruh pada penguasaan siswa yang belum terkontrol sepenuhnya dan tingkat kesulitan soal yang berbeda berdampak pada hasil tes siswa yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian ini talking stick merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa dipilih oleh guru bahasa Arab dalam mengatasi masalah pembelajaran kosakata bahasa Arab sehingga siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Arab. Peneliti berharap penelitian selanjutnya mengembangkan model pembelajaran talking stick agar bisa diterapkan untuk keterampilan menyimak berbicara membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item