Pengembangan media animasi untuk mengenalkan huruf alphabet di Taman Kanak-kanak Sang Timur Malang kelas A semester 2 tahun ajaran 2009/2010 / Siska Dewi Sandranita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi untuk mengenalkan huruf alphabet di Taman Kanak-kanak Sang Timur Malang kelas A semester 2 tahun ajaran 2009/2010 / Siska Dewi Sandranita

Sandranita, Siska Dwi (2010) Pengembangan media animasi untuk mengenalkan huruf alphabet di Taman Kanak-kanak Sang Timur Malang kelas A semester 2 tahun ajaran 2009/2010 / Siska Dewi Sandranita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sandranita Siska Dwi. 2010. Pengembangan Media Animasi untuk Mengenalkan Huruf Alphabet Pada Anak Di Taman Kanak Kanak Sang Timur Malang Kelas A Semester 2 Tahun Ajaran 2009/2010 . Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Joseph Mbulu M.Pd (II) Drs.H. Zainul Abidin M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Animasi Huruf Alphabet Taman Kanak - Kanak Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia semenjak usia dini hingga manusia itu dewasa. Karena sifatnya yang begitu mutlak dalam kehidupan maka pendidikan harus dilaksanakan sebaik mungkin sehingga diharapkan nantinya dapat memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Demikian pentingnya pendidikan dalam perkembangan suatu bangsa sehingga lembaga kependidikan di negara kita terus berupaya untuk menentukan kurikulum sistem pendidikan metode pengajaran dan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengembangan media Animasi di taman kanak kanak ini diarahkan untuk menghasilkan produk berupa media Animasi dalam kegiatan pengenalan huruf alphabet pada anak dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain atau menghubungkan gambar dengan simbol yang melambangkannya sesuai dengan lingkungan disekitar anak yaitu binatang yang disesuaikan dengan tema pembelajaran sehingga anak dapat lebih termotivasi dan tertarik untuk mengenal huruf. Sehingga nantinya pembelajaran di Taman Kanak Kanak Sang Timur Malang dapat lebih efektif. Jenis data pengembangan ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala sekolah TKK Sang timur Malang dan dari hasil observasi (pengamatan) di TKK Sang Timur Malang. Sedangkan data kuantitatif berupa angket ahli media ahli materi dan siswa tentang produk yang dikembangkan. Aspek indikator dan kriteria pernyataan yang terdapat dalam angket untuk ahli media ahli materi dan audiens (siswa) menggunakan skala 4. Serta skor hasil belajar yang telah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) di Taman Kanak Kanak Sang Timur Malang yaitu lebih dari bintang tiga ( ). Data pengembangan media animasi pembelajaran ini menggunakan instrument berbentuk angket kepada ahli media ahli materi dan audiens (siswa) dan hasil belajar yang diberikan kepada siswa. Data tersebut diolah untuk dianalisis di interpretasi dan disimpulkan tingkat kevalidan dan efektivitasnya. Hasil pengembangan media video pembelajran ini dikemukakan sebagai berikut uji coba ahli media didapat persentase 86.9% berdasarkan kriteria kelayakan media animasi ini termasuk kualifikasi valid uji coba ahli materi didapat persentase 91 2% berdasarkan kriteria kelayakan media animasi ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa perseorangan didapat persentase 93 4% berdasarkan kriteria kelayakan media animasi ini termasuk kualifikasi valid uji coba siswa kelompok kecil didapat persentase 93 6% berdasarkan kriteria kelayakan media animasi ini termasuk kualifikasi valid serta uji coba siswa lapangan (klasikal) didapat persentase 93 5% berdasarkan kriteria kelayakan media animasi ini termasuk kualifikasi valid Sedangkan untuk hasil belajar kualifikasi keberhasilan diukur dengan membandingkan hasil belajar siswa dengan SKM yang ada di TKK Sang Timur yaitu bintang 3 ( ) siswa dinyatakan memenuhi SKM apabila siswa telah mencapai bintang 4 dan 5. Sedangkan apabila siswa mendapat bintang 1 2 dan 3 maka siswa dinyatakan belum memenuhi SKM. Dari data yang diperoleh pada uji coba perorangan menunjukkan bahwa semua siswa berhasil memenuhi SKM ( ) uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa semua siswa berhasil memenuhi SKM ( ) serta uji coba lapangan/klasikal menunjukkan bahwa 2 siswa belum berhasil memenuhi SKM ( ) dan 21 siswa telah berhasil memenuhi SKM ( ). Maka dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran untuk mengenalkan huruf efektif dan dapat dipergunakan sebagai media pengenalan huruf di taman kanak kanak. Saran yang diajukan kepada guru hendaknya memanfaatkan media animasi pembelajaran untuk mengenalkan huruf di taman kanak - kanak hendaknya perlu untuk memperhatikan beberapa hal yaitu mempersiapkan terlebih dahulu peralatan-peralatan yang dibutuhkan memperhatikan petunjuk pemanfaatan sehingga diharapkan proses belajar dapat berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya sebaiknya dapat mengembangkan media animasi ini tidak hanya mengembangkan kemampuan dasar saja tetapi lebih kearah pengembangan kemampuan kognitif siswa. Selain itu pengembangan selanjutnya juga diharapkan dapat menghasilkan media pembelajaran menjadi lebih baik lagi tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item