Pembelajaran Maharah-Al-kalam bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang / Muhammad Iman Tajam Prayugo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran Maharah-Al-kalam bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang / Muhammad Iman Tajam Prayugo

Prayugo, Muhammad Iman Tajam (2018) Pembelajaran Maharah-Al-kalam bahasa Arab di MAN 1 Kota Malang / Muhammad Iman Tajam Prayugo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Prayugo M.I.T. 2018. Pembelajaran Maharah Al-Kalam Bahasa Arab Di MAN 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Muhaiban (2) Mohammad Ahsanuddin M.Pd. Kata Kunci maharah al-kalam pembelajaran bahasa Arab teknik media. MAN 1 Kota malang adalah salah satu lembaga pendidikan yang terletak di daerah kota Malang yang pertama kali didirikan sehingga banyaknya pengalaman dalam pembelajaran maharah al-kalam. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kurikulum bahan ajar teknik pembelajaran media pembelajaran kegiatan evaluasi permasalahan dan upaya pemecahan dalam pembelajaran maharah al-kalam di MAN 1 Kota Malang. Metode penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan instrumen angket panduan wawancara dan panduan observasi. Data primer dalam penelitian ini adalah RPP materi maharah al-kalam hasil wawancara hasil observasi hasil angket dan sumber data primer adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas X Bahasa MAN 1 Kota Malang. Untuk menganalisis data menggunakan pendekatan analisis data interaktif. Sedangkan validitas hasil temuan peneliti melakukan observasi terus menerus mendiskusikan data memeriksa kembali catatan lapangan kemudian kesimpulan. Adapun latar penenitian dilakukan di kelas X Bahasa semester genap MAN 1 Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah al-kalam bahasa Arab di kelas X Bahasa MAN 1 Kota Malang guru menggunakan KD 3.2 dan 4.1 dalam kurikulum 2013. Bahan ajar Durusul Lughah Al-arabia Ayo Belajar Cerdas Bahsa Arab dan Al-arabiya Baina Yadaik. Teknik adalah pola kalimat tanya jawab percakapan dan bercerita. Adapun media yang digunakan adalah audio video dan flash card. Sedangkan kegiatan evaluasinya menggunakan bentuk tes pelafalan tes praktik struktur dan tes berbicara dan jenisnya percakapan dan mengarang lisan. Permasalahan yang dimiliki oleh guru salah satunya adalah sulitnya suara guru rendah. Sedangkan permasalahan yang dimiliki oleh peserta didik salah satunya adalah memiliki mufradat yang sedikit. Upaya yang harus dilakukan oleh guru adalah menjelaskan materi dengan keliling. Sedangkan untuk peserta didik adalah belajar di rumah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak pengajar bahasa Arab untuk menggunakan teknik-teknik bervariasi untuk mengatasi peserta didik ketidak pahaman ketika guru menjelaskan. Bagi peneliti lebih lanjut dapat meneliti salah satu keterampilan selain maharah al-kalam dari segi kurikulum bahan ajar teknik pembelajaran media pembelajaran kegiatan evaluasi dan permasalahan yang terdapat dalam keterampilan tersbut dan solusi pemecahannya. Bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab peneliti mengharapkan untuk menguasai mata kuliah micro teaching untuk meningkatkan cara pengajaran yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11499

Actions (login required)

View Item View Item