Analisis kesalahan bahasa dalam buku teks bahasa arab kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama / Anis Faizah

Faizah, Anis (2018) Analisis kesalahan bahasa dalam buku teks bahasa arab kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah terbitan Kementerian Agama / Anis Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faizah, Anis. 2018. AnalisisKesalahanBahasadalamBukuTeksBahasa Arab Kelas X, XI, dan XII Madrasah AliyahTerbitanKementerian Agama.Skripsi, JurusanSastra Arab, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd. (2) Muhammad Alfan, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: kesalahanberbahasa, bukuteksbahasa Arab, bahasa Arab, analisiskesalahan. BukuteksBahasaArab terbitanKementerian Agama merupakansalahsatumediayang digunakandalampembelajaranBahasa Arab di tingkat MadrasahAliyah (MA).Akan tetapimateri-materi yang terdapatdalambukutersebutmasihterdapatbanyakkesalahanbahasa, baikdarisegiimlaÔÇÖ, penggunaankosa kata, nahwumaupunnsharafyangmenyimpangdarikaidahtatabahasa Arab. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan: (1) kesalahanimlaÔÇÖ, (2)kesalahanpenggunaankosa kata, (3) kesalahannahwu, dan (4) kesalahansharafdalambukuteksbahasa Arab kelas X, XI, dan XII MA terbitanKementerian Agama. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif. Data penelitanadalahvariasikesalahanimlaÔÇÖ, penggunaankosa kata, nahwu, dansharaf.Adapunsumberdatanyaadalahbukuteksbahasa Arab kelas X, XI, danXII MAterbitanKementerian Agama. Instrumenpenelitianiniadalahhumantinstrumentdantabelvariasikesalahansebagaiinstrumenpendukung.Teknikpengumpulandata yang digunakanadalahteknikdokumenter.Adapunteknikanalisis data menggunakan model interaktifyang terdiriataspengumpulan data,reduksi data, penyajian data, danpenyimpulan. Hasilpenelitianiniadalah: 1) kesalahanimlaÔÇÖterdiriataspenulisanhamzah, penulisanAlifLayyinah, penulisanfonetishijaiyah, danpenulisanharakat, 2)kesalahanpenggunaankosa kata terdiriatasKalimahIsim, KalimahFiÔÇÖildanKalimahHuruf(idiom), (3) kesalahansintaksisterdiriatasmubtadaÔÇÖ, khabar, fi'il,fa'il, Maf'ulBih,TarkibWashfiy, TarkibIdlafiy,IsimNakirah,NaibulFaÔÇÖil, IsimGhairuMunsharif,tawabiÔÇÖ, danJar Majrur, (4) kesalahanmorfologisterdiriatasFi'ilMadli, Fi'ilMudlari', mashdar, IsimDlamir,IsimFa'il,IsimIsyarahdanIsimMakan.Adapunjumlahkesalahansetiapaspek di atasadalah77 kesalahanimlaÔÇÖ, 34kesalahanpenggunaankosa kata,267 kesalahannahwu, dan 27 kesalahansharaf. Dari hasilpenelitianini, dapatdikemukakanbeberapa saran, antara lain: (1) bagi guru bahasa Arab diharapkandapatselektifdalammemilihbahan ajar yang berkualitassertamampumenguasaikaidah-kaidahtatabahasa Arab yang benar, (2) bagipenulisdanpenerbitbukudiharapkandapatmenerbitkanbahan ajar yang berkualitasdanbebasdarikesalahansertamelakukanevaluasiterkaitmateri-materi yang termuat di dalambukutekssebelumditerbitkandandipublikasikankepadakhalayakumumdanlembaga-lembagapendidikan yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11494

Actions (login required)

View Item View Item