Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam di Sidoarjo / Rizky Halimatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam di Sidoarjo / Rizky Halimatus Sa'diyah

Sa'diyah, Rizky Halimatus (2018) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam di Sidoarjo / Rizky Halimatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sa diyah Rizky Halimatus.2017. Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab Di SMA Islam Di Sidoarjo. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd (II) Dr. Ahmad Munjin Nasih M.Ag. Kata Kunci pembelajaran bahasa Arab bahasa Arab. Beberapa SMA di Kabupaten Sidoarjo menjadikan mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib dan peminatan. Sesuai dengan kurikulum 2013 bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib dalam peminatan kebahasaan. Namun belum semua sekolah di Sidoarjo menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang harus dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peta pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam di Kabupaten Sidoarjo yang meliputi (1) kualifikasi guru (2) kurikulum pembelajaran (3) bahan ajar (4) metode pembelajaran (5) media pembelajaran dan (6) evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif jenis survei. Populasi penelitian ini adalah 8 SMA Islam di Kabupaten Sidoarjo. Data penelitian berupa jawaban guru (responden) terhadap isi angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan data klasifikasi tabulasi dan. Interpretasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh lima simpulan hasil penelitian. Pertama seluruh guru sudah memenuhi standart kualifikasi sebagai guru bahasa Arab professional. Sebagian kecil guru belum pernah mengikuti penataran lokakarya ataupun seminar yang berkaitan dengan bahasa Arab. Pendidikan bahasa Arab guru juga diperoleh dari pesantren. Kedua kurikulum pembelajaran yang digunakan oleh sebagian besar guru di SMA di Kabupaten Sidoarjo adalah kurikulum 2013 dari kemendikbud. Oleh masing-masing guru kurikulum tersebut dikembangkan menjadi Silabus dan RPP dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Ketiga bahan ajar atau buku teks yang digunakan oleh guru bervariasi. Sebagian besar guru merasa kesulitan mendapatkan buku yang sesuai dengan kurikulum. Sebagian kecil guru menggunakan buku terbitan PW Dikdasmen. Keempat metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam keterampilan berbahasa Arab beranekaragam disesuaikan dengan kondisi siswa. Setiap guru menggabungkan berbagai metode dalam setiap kemahiran meskipun tidak diterapkan dalam satu waktu. Kelima media pembelajaran yang digunakan bermacam-macam yaitu gambar benda asli benda tiruan bagan media elektronik dan lain-lain. Tidak semua sekolah menyediakan media pembelajaran bahasa Arab. sehingga para guru dituntut untuk barinovasi membuat media sesuai dengan materi yang diajarkan. Keenam setiap sekolah mempunyai jadwal tersendiri dalam melakukan evaluasi pembelajaran. penggunaan jenis tes yang sering digunakan yaitu jenis tes lisan dan tes tulis digunakan secara berimbang dan lebih sering melakukan evaluasi pada akhir unit pelajaran serta tes dilakuan secara berimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item