Istitsna' dalam surat al-an'am, makna dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu / Zahrotul Muzdalifah

Muzdalifah, Zahrotul (2018) Istitsna' dalam surat al-an'am, makna dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu / Zahrotul Muzdalifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Muzdalifah Zahrotul. 2018. Istitsna 8223 dalam Surat Al-An 8223 am Makna dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Syatibi Nawawi M.Pd (II) Moh. Ahsanuddin M.Pd. Kata Kunci Istitsna 8223 makna adawat istitsna 8223 pola frasa istitsna 8223 Bahasa Arab memiliki struktur kalimat tersendiri yang merupakan bahasan ilmu sintaksis atau nahwu termasuk didalamnya bab tentang istitsna. Namun pelajar bahasa Arab seringkali mengalami kesulitan dalam memahami istitsna 8223 yang memiliki kaidah yang cukup kompleks dan juga dalam memahami frasa istitsna 8223 yang ada dalam Al-Qur 8223 an atau naskah-naskah Arab yang lain yang pola-polanya lebih rumit dibandingkan dengan contoh-contoh yang ada pada buku-buku yang diajarkan. Peneliti tertarik membahas makna adawat istitsna 8223 pada surat Al-An 8223 am karena melihat berbedanya makna adawat istitsna 8223 pada terjemahan Al-Qur 8223 an kementrian Agama Republik Indonesia. Peneliti memilih surat al-an 8223 am karena surat tersebut belum pernah diteliti dari segi frasa istitsna 8223 nya serta jumlah ayatnya yang mencapai 165 ayat sehingga termasuk assab 8223 u at-thiwal . Maka tujuan penelitian ini yakni 1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk istitsna 8223 dalam Q.S. Al-An 8223 am 2) Untuk mendeskripsikan fungsi istitsna 8223 dalam Q.S. Al-An 8223 am 3) Untuk mendekripsikan makna istitsna 8223 yang ada dalam Q.S. Al-An 8223 am serta 4) Untuk mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa nahwu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif sebagaimana tujuan dari penelitian ini. Data penelitian berupa frasa-frasa yang mengandung istitsna 8223 sedangkan sumber data penelitian berupa Ayat-ayat Alquran dalam surat Al-An 8223 am yakni berjumlah 165 ayat. Objek penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan istisna 8223 yaitu ayat-ayat yang terdapat dalam Q.S. Al-An 8223 am yang memuat frasa istisna 8223 . Dalam peneletian ini peneliti merupakan instrumen penelitian ( Human Instrument) sekaligus pengumpul data. Peneliti juga menggunakan instrumen tabel yang berfungsi sebagai penunjang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yakni terdiri dari pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini peneliti membagi frasa istitsna 8223 dalam surat al-an 8223 am berdasakan bentuk dan fungsinya terbagi menjadi 3 yaitu 1) istitsna 8223 muttashil yang berfungsi takhsis (12 frasa) 2) istitsna 8223 munqothi 8223 berfungsi istidrok (2 frasa) dan 3) istitsna 8223 mufarragh berfungsi hasr (28 frasa ). Illa pada surat Al-An 8223 am memiliki makna gramatikal kecuali/ selain dan hanya . Sedangkan ghairu karena termasuk isim maka memiliki makna leksikal selain dan makna gramatikal yang lain . Pola-pola frasa istitsna 8223 jika dibandingkan dengan makna atau terjemahan adawat istitsna 8223 illa memiliki makna selain kecuali dan melainkan jika terdapat dalam frasa istitsna 8223 muttashil dan munqothi 8223 . Sedangkan dalam frasa istitsna 8223 mufarragh bisa bermakna hanya tidak lain hanya(lah) dengan pola-pola tertentu. Begitu pula dengan adat istitsna 8223 ghairu yang juga memiliki makna yang berbeda dengan pola kalimat vi yang berbeda. Implikasi penelitian ini terdapat 14 pola yang diterapkan dalam pembelajaran nahwu. 2 diantaranya yakni 1) bermakna kecuali/ selain Laa fi il fa il maf ul bih illa badal dan 2) bermakna hanya In (huruf nafi) isim (mubtada 8223 ) illa isim (khabar). Peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian-penelitian lain mengenai istitsna 8223 pada surat yang lain atau tetap meneliti surat Al-An 8223 am dengan membahas segi ilmu balaghah atau badi 8223 nya serta bisa juga dengan memberikan implikasi yang berbeda dari penelitian yang dilakukan untuk pembelajaran nahwu pembelajaran istima 8223 kalam qira 8223 ah kitabah maupun pembelajaran bahasa Arab secara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item