Istitsna' dalam surat al-an'am, makna dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu / Zahrotul Muzdalifah

Muzdalifah, Zahrotul (2018) Istitsna' dalam surat al-an'am, makna dan implikasinya dalam pembelajaran nahwu / Zahrotul Muzdalifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Muzdalifah, Zahrotul. 2018. Istitsna‟ dalam Surat Al-An‟am, Makna dan Implikasinya dalam Pembelajaran Nahwu. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. M. Syatibi Nawawi, M.Pd, (II) Moh. Ahsanuddin, M.Pd. Kata Kunci: Istitsna‟, makna ÔÇ×adawat istitsna‟, pola frasa istitsna‟ Bahasa Arab memiliki struktur kalimat tersendiri yang merupakan bahasan ilmu sintaksis atau nahwu termasuk didalamnya bab tentang istitsna. Namun pelajar bahasa Arab seringkali mengalami kesulitan dalam memahami istitsna‟ yang memiliki kaidah yang cukup kompleks dan juga dalam memahami frasa istitsna‟ yang ada dalam Al-Qur‟an atau naskah-naskah Arab yang lain, yang pola-polanya lebih rumit dibandingkan dengan contoh-contoh yang ada pada buku-buku yang diajarkan. Peneliti tertarik membahas makna ÔÇ×adawat istitsna‟ pada surat Al-An‟am karena melihat berbedanya makna ÔÇ×adawat istitsna‟ pada terjemahan Al-Qur‟an kementrian Agama Republik Indonesia. Peneliti memilih surat al-an‟am karena surat tersebut belum pernah diteliti dari segi frasa istitsna‟nya serta jumlah ayatnya yang mencapai 165 ayat sehingga termasuk assab‟ u at-thiwal . Maka tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk istitsna‟ dalam Q.S. Al-An‟am, 2) Untuk mendeskripsikan fungsi istitsna‟ dalam Q.S. Al-An‟am 3) Untuk mendekripsikan makna istitsna‟ yang ada dalam Q.S. Al-An‟am, serta 4) Untuk mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa nahwu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif sebagaimana tujuan dari penelitian ini. Data penelitian berupa frasa-frasa yang mengandung istitsna‟ sedangkan sumber data penelitian berupa Ayat-ayat Alquran dalam surat Al-An‟am yakni berjumlah 165 ayat. Objek penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan istisna‟ yaitu ayat-ayat yang terdapat dalam Q.S. Al-An‟am yang memuat frasa istisna‟. Dalam peneletian ini peneliti merupakan instrumen penelitian ( Human Instrument) sekaligus pengumpul data. Peneliti juga menggunakan instrumen tabel yang berfungsi sebagai penunjang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yakni terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data , penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini peneliti membagi frasa istitsna‟ dalam surat al-an‟am berdasakan bentuk dan fungsinya terbagi menjadi 3, yaitu: 1) istitsna‟ muttashil yang berfungsi takhsis (12 frasa), 2) istitsna‟ munqothi‟ berfungsi istidrok (2 frasa) , dan 3) istitsna‟ mufarragh berfungsi hasr (28 frasa ).ÔÇ£ IllaÔÇØ pada surat Al-An‟am memiliki makna gramatikal : ÔÇ£kecuali/ selainÔÇØ dan ÔÇ£hanyaÔÇØ. Sedangkan ÔÇ£ghairuÔÇØ karena termasuk isim maka memiliki makna leksikal : ÔÇ£selainÔÇØ dan makna gramatikal: ÔÇ£yang lainÔÇØ. Pola-pola frasa istitsna‟ jika dibandingkan dengan makna atau terjemahan ÔÇ×adawat istitsna‟ ÔÇ£illaÔÇØ memiliki makna ÔÇ£selainÔÇØ, ÔÇ£kecualiÔÇØ dan ÔÇ£melainkanÔÇØ jika terdapat dalam frasa istitsna‟ muttashil dan munqothi‟. Sedangkan dalam frasa istitsna‟ mufarragh bisa bermakna ÔÇ£ hanyaÔÇØ , ÔÇ£tidak lain hanya(lah) dengan pola-pola tertentu. Begitu pula dengan ÔÇ×adat istitsna‟ ÔÇ£ghairuÔÇØ yang juga memiliki makna yang berbeda dengan pola kalimat vi yang berbeda. Implikasi penelitian ini, terdapat 14 pola yang diterapkan dalam pembelajaran nahwu. 2 diantaranya yakni: 1) bermakna ÔÇ£kecuali/ selainÔÇØ: Laa+ fiÔÇÖil+ faÔÇÖil+ mafÔÇÖul bih+ illa+ badal dan 2) bermakna ÔÇ£hanyaÔÇØ: In (huruf nafi)+ isim (mubtada‟)+ illa+ isim (khabar). Peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian-penelitian lain mengenai istitsna‟ pada surat yang lain, atau tetap meneliti surat Al-An‟am dengan membahas segi ilmu balaghah atau badi‟nya serta bisa juga dengan memberikan implikasi yang berbeda dari penelitian yang dilakukan untuk pembelajaran nahwu, pembelajaran istima‟, kalam, qira‟ah, kitabah maupun pembelajaran bahasa Arab secara umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item