Pengembangan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab untuk pembelajaran bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Quran / Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab untuk pembelajaran bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Quran / Nurul Hidayati

Hidayati, Nurul (2018) Pengembangan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab untuk pembelajaran bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Quran / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati Nurul. 2018. Pengembangan Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab untuk Pembelajaran Bahasa Arab di Taman Pendidikan Al-Quran. Skripsi.Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Drs. Muhaiban. (II) Muhammad Alfan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Mahir Membaca Huruf Arab TPQ Anak-anak pada usia prasekolah membutuhkan sesuatu yang menarik agar mau belajar. Tujuan pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini adalah untuk memperkenalkan bahasa Arab sebagai fondasi awal dalam belajar bahasa Arab di masa selanjutnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melakukan inovasi terhadap buku ajar semenarik mungkin. Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab adalah buku penunjang pembelajaran baca-tulis huruf Arab di Taman Pendidikan Al-Quran khususnya untuk anak prasekolah. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk dan mendeskripsikan keefektifan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab. Penelitian buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab menggunakan metode pengembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifkasi menjadi tujuh langkah berikut (1) pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) penyusunan draf (4) uji ahli (5) revisi 1 (6) uji lapang dan (7) revisi 2. Subjek penelitian adalah anak kelas A TPQ Darussalam Genting. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket skor penilaian ahli media dan ahli materi. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari para ahli dan praktisi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif. Buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab terdiri dari lima bab materi sebagai berikut (1) mengenal huruf hijaiyah (2) mengenal harakat (3) huruf sambung (4) tanwin dan mad (5) sukun dan tasydid dan dilengkapi dengan pramenulis sebelum anak mulai pada huruf lepas. Pengembangan buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab telah melewati tahapan uji validasi materi uji validasi media dan uji lapang. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa buku Aku Mahir Membaca dan Menulis Huruf Arab baik/layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item